[Resep Kokidol] Asem-Asem Daging Ayam Luncheon Pronas, Buka dan Sahur Jadi Spesial!



 Lohalo halo haloha loha,

Nyiapin makanan buka tahun ini terasa lebih mudah, soalnya aku harus skip puasa untuk mengejar berat janin. Jadi, godaan aroma semerbak asem-asem daging Chicken Luncheon Pronas ini bisa kunikmati dengan khidmat sembari memasak, hehehe.

Seperti yang udah kubilang di cerita sebelumnya, stok Chicken Luncheon Pronas di rumah masih bejibun. Kuputuskan untuk bikin asem-asem daging karena teringat kenangan sajian sayur asem a la uti yang sueger banget. Tapi, resepnya aku kombinasi sama resep garang asem yang pernah kumakan di rumah teman. Mirip sayur asem a la Uti, tapi isinya daging. Nyuzz. Wah, masakan mamanya luar biasa, katanya sih namanya garang asem daging. Aku sempat minta resepnya, walaupun nggak ada takerannya, tetep eksekusi ;).

Baca: Burger Nasi Fancy dengan Chicken Luncheon Pronas

Berhubung aku masak ini pada saat paceklique week alias lom gajian dan THR tak kunjung datang, jadi kita bikin versi hematnya, yah! Solusinya adalah dengan pakai Chicken Luncheon Pronas. Ini adalah daging blok siap masak yang dikemas dalam kaleng. Aku suka deh, soalnya bentuknya padet gitu, bisa kita kreasikan sesuka hati tanpa harus didera gampang ancur, hehehe.


Kubilang hemat soalnya, dengan setengah kaleng 340 gram aja udah cukup untuk makan sekeluarga. Oiya, sekaleng harganya sekitar 20 ribu. Kalau kaleng yang kecil, 198 gram, harganya belasan ribu. Kamu bisa dapetin di minimarket atau supermarket terdekat. Kalok aku nemunya di Giant dan Mirota dekat rumah.

Baiklah, kita lanjut ke resep yoook!

Resep Asem-Asem Daging Ayam Luncheon Pronas



Bahan:
1/2 kaleng Daging Ayam Luncheon Pronas potong dadu
5 siung bawang putih iris
7 butir bawang merah iris
5 buah cabe merah iris
5 buah cabe ijo iris
2 buah tomat merah kecil iris
2 buah tomat ijo kecil iris
2 batang daun bawang iris
2 buah tahu kulit iris dadu
1 sdm gula jawa iris
1 buah asam jawa
3 lembar daun salam
2 buku jari jahe iris
2 buku jari lengkuas iris
2 batang serai
1 butir telur
Minyak untuk menumis
1 lt air

Kayaknya daftarnya panjang, padal asli itu bahan-bahan yang biasa ada di rumah koook. Jangan keder yak. Lanjut kita masaknya yaah~

Panasin minyak, tumis bawang merah dan putih sampai haruum~ Next, berturut-turut, masukkan daun bawang, cabe, dan daging Ayam Luncheon Pronas. Oseng-oseng deh tuh, sampai agak garing, dan daging Ayam Luncheon Pronasnya agak-agak berkulit.



Kalau udah cukup kering, tambahkan air panas ya. Kali ini nggak perlu lagi diaduk kenceng, santai aja gitu, biar nggak hancur. Oiya, jangan lupa cemplungin tahu kulit dan tomatnya ya.


Tambahkan kecap, gula jawa, dan asam jawa ya, biar legit surgawi segera menyapa sajian ini :). Untuk sedep-sedep berempah berikutnya, tambahin deh daun salam, lengkuas, dan jahe.


Terakhir tambahin telur kocok, trus langsung diaduk, biar telurnya nyebar. Nah, masak sampai semua berubah warna yaah. Selesai deeeh.


Ini hasilnya...




Rasanya gimana rasanya? Nih, aku undang juri tamu untuk nyicipin...


Ternyata, rasanya nggak begitu pedes, jadi Kala pun suka banget. Sampai-sampai minta digadoin tuh, nggak pakai nasi. Dia cemilin Daging Ayam Luncheon Pronasnya doank, LOL. Kalau kamu yang doyan banget pedes, mungkin bisa ditambah cabe rawit, yah, biar lebih nendang! Yang jelas, rasa asem-asem ini, mantep deh, ada asem, pedes dikit, dan manis. Segeeeer banget untuk sajian berbuka puasa, maupun sahur nanti.

Nggak perlu khawatir tentang kehalalannya yah, karena bahan utama asem-asem ini, Daging Ayam Luncheon Pronas sudah ada cap halal dari MUI, luv~. Lagian ya, kalau aku udah percaya deh sama Pronas, karena brand ini kan pelopor makanan kaleng di Indonesia sejak 1972. Wow, eik aja belom lahir, lol. Produknya juga udah banyak mulai dari kornet, sarden, saus, bumbu instan, dll. Yakin, semuanya hemat, lezat, dan praktis. Jadi, cocok banget juga buat bekal sekolah Kala nanti, udah fix anaknya doyan. Yey!

Duh, baiknya pronas demi membantu ibu-ibu di seluruh Indonesia nggak kelimpungan nyiapin sajian di dapur keluarga, hehehe.

Gitu deh, kutunggu kamu juga nyobain ya...!

Love,
@diladol


Ps: postingan ini disponsori oleh Chicken Luncheon Pronas. Isi dan testimoni sepenuhnya atas dasar pengalamanku, yah :).

CONVERSATION

5 komentar:

  1. Another recipe utk dieksekusiii yeaaay... :D. Sepertinya, belanja bulanan berikutnya, aku hrs nyetok pronas inii huehehehe

    BalasHapus
  2. Ya ampunnn resepnya boleh banget diadopsi ni... Aku suka pronas juga, idolaque.. Siap cobain juga ya!

    BalasHapus
  3. Ngileerrr... nanti eksekusi juga ah, thanks resepnya mba dils! ^^

    BalasHapus
  4. Ngiler liat fotonya, cara pembuatannya ternyata mudah juga ya. thanks resepnya akan saya coba di rumah

    BalasHapus
  5. Mau coba ah, biar ada variasi makanan di rumah buat sarapan cocok juga nih

    BalasHapus

Back
to top