[Resep Kokidol] Cilok Telor Saus Lada Hitam Buat Temen Cemal Cemol



Hari Minggu yang mendung-mendung syahdu ini paling enak makan yang anget-anget pedezz *pakai z dobel*. Kalok jajan di abang-abang 2ribu dapet 4biji. Kalok bikin sendiri, 8ribu dapet sebaskom. Makanan apakah itu? Ciloook! 

Sausnya pakai lada hitam, berhubung baru aja bisa bikin saus jenis ini kekeke. Langsung cekidots the resep aja yokk!


Cilok:
250 gram tepung terigu. Di Mbah Sudi Store seplastik 1/4 kg langsung diabisin nggak usah nimbang :D.
250 gram tepung kanji.
4 batang daun bawang iris tipis.
2 tangkai seledri cincang halus.
1 genggam teri asin,halusin atau cincang. Biar rasanya rada rada ada aroma ikannya gitu, biar gaul dikit.
4 siung bawang putih dihaluskan
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1sdm kaldu bubuk
1/4 sdt garam. Kalok yang nggak suka asin, nggak perlu nggak apa. Karena terinya kan udah asin meskipun habis dicuci :).

Isi cilok:
2 butir telur diorak arik ples 1sdt kaldu bubuk.

Cuss kita mulai ya bu ibuu~
1. Campur semua tepung di baskom
2. Rebus air sampe mendidih, masukkan semua bumbu termasuk daun bawang dan seledri. Ni kayak mau bikin sop tuh, aromanya juga serupa. Aduk sampai rata, lalu tuang dikit demi dikit ke campuran tepung sambil diaduk. Ngaduknya pakai centong,kalok pake sendok capek :)))).
3. Uleni adonan sampai tercampur rata. Nah di sinilah kemampuan debuzz kamu dijuji, hakakaka. Soalnya kan airnya mendidih yaaa. Jadi, tangan cukup terasa tertsekit tsekit :))).
4. Setelah adonan jadi, ambil sejumput  pipihkan, isi dengan isian telur,bulet-buletin pakai tangan. Jangan lupa cuci tangan dulu pake alkohol biar steril :D. Dan apa yang sudah berani kamu mulai harus kamu akhiri saat itu juga. Langsung dibentuk semua, kalau keburu dingin jadi lengkett dan susah dibentuk.  Maunya nemplok mulu sama tangan T.T. 
5. Buletan calon cilok dilempar dengan gaya bebas ke panci berisi air mendidih. Kalau udah mengambang,tandanya udah mateng,boleh diangkat,lalu dipindah ke kukusan.
6. Kukus kurleb 20-30 menit biar tanak dan mateng sempurna,apinya kecil ajah. Lalu sajikan deh dengan saus lada hitam.

Heehh,saos lada hitamnya gimana bikinnyaaa? Oiya, sekalian deh ya. Gampang banget. Cuma 1/2 bawang bombay diiris tipis, tumis dengan 2 siung bawang putih cincang. Tambahin air, 1sdm saus tomat, 1sdm tepung maizena,1 sdm kecap manis, 2 sdm lada hitam yang udah ditumbuk kasar, 1sdm kaldu bubuk. Masak sampai mengental.

Naah, udah selesai!
Selamat mencoba nyemil-nyemil tsantik di rumah :)






Love,
@diladol

CONVERSATION

17 komentar:

  1. Mantab jaya... Harusnya dulu pas KKN bikin kelas memasak koq Dil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayud? Mas alfi iki? Heuheuheu. Thanks uda mampuirss bozz

      Hapus
  2. mau banget nih resep cilok tp campuran terigu satu bandings atu ya sama kanji, itu biar apa ya...biar ga terlalu alot ya...saya pernah bikin pempek pake campuran terigu pas di rebus tengahnya ga mateng2 jadi bagian tepungnya tetap mentah, itu kenapa ya ,...khawatir klo praktik cilok ini terjadi hal serupa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah perbandingan 1:1 ini udah teruji nggak alot mba :)). Direbus sampe mateng dulu, baru dikukus. Kalo saya kmrin ang rada lama ngukusnya biar bener2 mateng kenyal. Mat mencoba ya. Makasih udah mampir ;)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Siapbundss trims udah sudi mampir wakakakaka

      Hapus
  4. Wah ciloknya bikin ngiler ini. Aku belum pernah buat cilok sendiri, kapan-kapan nyoba ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba mbaa, mayan dapet buanyakk hehhhehe. Trimss yaa!

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. isinya telur diganti ayam cincang ga masalah kan ? kayanya lebih enak ayam cincang di bumbu kaldu :D

    BalasHapus
  7. Boleh banget sesuai selera mbaa ;) enak tuhh ayam cincang :))). Makasih udah mampir yaa!

    BalasHapus
  8. Wah. Resepnya simple. Bisa dicoba ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, silakan :)), terima kasih sudah mampir

      Hapus
  9. itu makanan sederhana bisa kliatan cantik gitu ya ;) ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbaa, cuman ditata-tata aja ini hehehe :)

      Hapus
  10. Syahh... aku lupa. >.< Resep Saus lada hitamnya, bikinnya gimana?

    BalasHapus
  11. Hallo Calon Pemenang
    kami agen poker terbaik dan terpercaya sudah hadir dan siap menjadi saksi kemenangan para member kami
    dan jangan takut ! Kemenangan Bos Dijamin Pasti Dibayar!!
    Min. Deposit & Withdraw 20.000

    Dengan Berbagai Bonus Menarik
    Promo dan Bonus HorePoker :
    Special Promo (16 - 30 Agustus 2018)
    * Bonus Deposit HUT RI Ke-73 Rp. 17.000
    * Bonus Turnover Berhadiah Samsung Galaxy C5
    * Kuis Tebak Nama Pahlawan berhadiah Freechip 10.000 (17 Pemenang / hari)

    Bonus New Member 20% + 80%
    Bonus Deposit Harian
    Info > http://horepoker.com/news.php?id=5321
    * Rollingan Harian 0,2%
    * Rollingan Mingguan 0,3% + 0,2%
    Info > http://horepoker.com/news.php?id=5322
    * Bonus Referral 15% (berlaku selamanya)
    * Bonus Double Referral 50.000
    Info > http://horepoker.com/news.php?id=5325

    Contact Us
    - Livechat : HOREPOKER
    - WA : +6281270912905
    - LINE : @HOREPOKER
    - BBM : E30EF5D1

    Support Bank HOREPOKER :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - DANAMON

    BalasHapus

Back
to top