[Resep Kokidol] Bikin Gochujang Homemade, Yuk! Cumak 5 Menit Banget


Berawal dari muterin Jogja cari gochujang dan habis semua, aku jadi googling cara bikinnya.

Aku nemu resep gochujang homemade di dua akun instagram ini, Mba @ayudiahrespatih dan @resepmasakanku . Aku combine aja deh dua resep itu pakai takaranku sendiri yah, karena pengin nyoba dikit dulu.

Gochujang Homemade al la Kokidol


Bahan:
1 sdm tepung ketan
2 sdm boncabe atau cabe bubuk (ga berani pedes-pedes banget jugak)
3 butir bawang merah parut
3 sdm kecap asin
3 sdm gula pasir
2 sdm saus sambal belibis
1 sdm cuka
1 sdt minyak wijen idolaku hahahaha

Aku nggak pakai air lagi, karena adonanku udah cukup encer karena kecap asin.


Caranya campur semua bahan, masukkan ke toples kaca, tutup rapat. Biarkan terfermentasi di suhu ruang 1-2 hari.


Sebelum aku diemin, aku icipin kan rasanya. Emji! Mirip tcoi sama rasa gochujang asli. Kok, bisa ya? Wkwkw. Padal kalok aku googling, gochujang itu pasta cabe korea yang dibikinnya pakai pasta kedelai dan cabai trus difermentasikan.

Jadi, rasa gochujang itu menurut penangkapan lidahku, pedas, asam, manis. Tapi, nggak kayak saus asam manis juga sih, ada semacam rasa getir, dan tambahan rasa asam khas fermentasi gitu. Nah, saus KW ini lumayan mewakili rasa gochujang asli, meskipun ya nggak mirip 100% yah. Warnanya juga nggak bisa merah membara gitu, karena nggak pakai cabe bubuk Korea (gochugaru) yang memang warnanya lebih menor.

But, untuk tombo kepengin, cukupanlah. Soalnya setahuku, pasta cabe ini susah-susah gampang dicari, biasanya di supermarket besar atau supermarket Korea. Kalok di Jogja biasa dijual di Superindo dan Dae Janggeum. Itupun nggak mesti ada dan harganya mehong alibaba. Terakhir aku nemu di Dae Janggeum, kemasan 3kg 300ribu. Kemasan kecil (500gram) pas kosong.

Kalok kepengin icip yang asli dan ga nemu juga di kotamu, coba aja beli online, pasti ada yang jual :).

Cekidot: Dimana beli gochujang di jogja?

Menurutku, resep alternatif ini boleh ugak sih untuk bikin rasa-rasa gochujang ala-ala :). Biasanya pasta ini buat bumbu masakan-masakan Korea semacam teokkboki, dakgangjeong, buddae jiggae, kimchie, dll.

Cekidot: Nakji Bokkeum, Gurita Pedas a la Korea

Karena aku nggak sabar, baru semalam aku diemin, sore esok harinya udah aku pakai untuk bikin dakgangjeong, ayam pedas a la Korea. Resepnya besok, ya! :)

Love,
@diladol






CONVERSATION

14 komentar:

  1. buatnya lima menit, nunggunya 2 hari ya mbak hehhehe.. tapi kalau rasanya mendekati aslinya gitu ya daku jadi pengen nyoba buat juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkw iya sihhh, tp lgs pk jg bisa si mba kayak aku uda ga sabar jg hahaha

      Delete
  2. Kalo beli aslinya, buatku sebenernya percuma, krn ga bakal sering jg masak sendiri kuliner korea :D. Jd sepertinya mending bikin, bisa dlm porsi secukupnya aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh betull mbaa aku jg mikir demikian. Gpp wes ala2 org bkinnya jg kapan2 wkwkwkw

      Delete
  3. Aku malah baru tahu nih mba. Hihihi. Asik ya kalau bisa buat sendiri makana Korea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbaa silakan dicobain. Thanks uda mampir yah 😊😊

      Delete
    2. Iyaa mbaa silakan dicobain. Thanks uda mampir yah 😊😊

      Delete
  4. Ini membuktikan kalau hobi nonton drama Korea itu totally berfaedah! Aku bakal nyuruh adek aku bikin ini Bunnn *tetep*

    ReplyDelete
  5. mau bikin juga ah.. yang versi kw nya ternyata gampang ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba yesiiii ini yg bkin sop ala pak min? Oemjii mbaa aku td abis nyoba resepmu mbaaa, sngnya diampirin blogger sekaligus vlogger food kece, thanks uda mampirrr 😊😊😊

      Delete
  6. wih mau coba ah resep kw yang ini. Aku biasa kalo kehabisan juga bikin, pakai miso, bawang putih bubuk, bubuk cabe, madu, gula semut dan minyak wijen. Mayan gaperlu nunggu 2hari :D

    ReplyDelete
  7. Mba biasanya kalo beli di jogja di mana ya???

    ReplyDelete
  8. Hi, mo tanya, bikin gochujang ala rumahnya harus pakai minyak wijen ya?

    ReplyDelete

Back
to top