Donat Salju (Donat Kampung)

 Hai, kali ini aku datang dengan resep donat kampung resep dari Mama Mertua :)

Pertama kali nyoba donat bikinan Mamer, busyet enak banget, manis dan lembut passs. Langsung pengin nyobain juga. Lalu diajarinlah sama Mamer yang super bertalenta dalam memasak. Giliran nyoba sendiri nggak terlalu berhasil karena belum punya cetakan donat, jadi bentuknya pletat pletot, walaupun rasanya enak hihihi.

Setelah nyoba lagi dengan cetakan, wowowowo, ini dia hasilnya ;)

Cuss, kita meluncur ke resep yaaa

Bahan:
600 gram tepung terigu protein tinggi
3 butir kuning telur
7 sdm gula pasir
2 sdm blueband
3 sdm susu bubuk
1 gelas (300ml) air minum
1 bungkus (11gr) fermipan 
1 jimpit garam halus
gula halus secukupnya untuk taburan
Penggiling adonan
Cetakan donat

Cara:
1. Campur 1 sdm gula pasir, 1 bungkus fermipan, 1sdm susu bubuk, 1 gelas air minum. Aduk dan diamkan selama 10 menit. Jika, larutan berbuih dan naik mengembang berarti fermipan masih oke.
2. Campur di baskom besar, terigu, garam,  sisa gula, sisa susu, kuning telur. Setelah rata, tambah larutan fermipan sedikit2, sambil diuleni sampai kalis (tidak lengket di telapak tangan). Tambahkan blueband sedikit2 sambil terus diuleni dan dibanting kurang lebih 20-30 menit, sampai terasa lembut dan berongga. Diamkan kurang lebih 1 jam hingga mengembang. Boleh ditutup kain atau serbet tipis biar nggak kotor dan hangat.
3. Gemboskan adonan dengan kepalan tangan tepat di tengah gelembung. Gerakannya kayak kita ninju muka cowok yang ketahuan selingkuh :))).
4. Bagi adonan menjadi 4 bagian, sisihkan. Ambil 1 bagian, bagi lagi jadi5 bagian kecil. Lalu giling dengan gilingan kue sampai tipis, cetak dengan cetakan donat satu persatu. Proses nyetak ini boleh sambil ditaburin terigu lagi biar ga lengket sama penggiling.
5. Tata donat mentah di loyang atau wadah lebar yang (bahan plastik atau loyang seng biar ga lengkep. Diamkan sampai mengembang lagi, kira-kira 10 menit.
6. Goreng donat di atas wajan dgn api kecil sampai terlihat kuning kecoklatan cantik kayak bule habis sunbathing :D.
7. Taburkan gula halus yang sudah diayak. Caranya, taruh gula halus di atas saringan pengayak, trus langsung diayak di atas donat biar hasilnya rata kayak salju di bumi eropa :).







Foto yang terakhir naburin gulanya nggak langsung diayak di atasnya, jadi nggak begitu rapi :p

Nah, gitu pengalaman bikin donat yang emang butuh kesabaran lahir batin hahaha. Salut banget yang pada jual donat kampung murah-murah. Bikinnya aja luama bangeeeet huhuhu.

Yawes, selamat mencobak ya tuemen-tuemen :)

Love,
@ diladol




CONVERSATION

1 komentar:

  1. Hallo Calon Pemenang
    kami agen poker terbaik dan terpercaya sudah hadir dan siap menjadi saksi kemenangan para member kami
    dan jangan takut ! Kemenangan Bos Dijamin Pasti Dibayar!!
    Min. Deposit & Withdraw 20.000

    Dengan Berbagai Bonus Menarik
    Promo dan Bonus HorePoker :
    Special Promo (16 - 30 Agustus 2018)
    * Bonus Deposit HUT RI Ke-73 Rp. 17.000
    * Bonus Turnover Berhadiah Samsung Galaxy C5
    * Kuis Tebak Nama Pahlawan berhadiah Freechip 10.000 (17 Pemenang / hari)

    Bonus New Member 20% + 80%
    Bonus Deposit Harian
    Info > http://horepoker.com/news.php?id=5321
    * Rollingan Harian 0,2%
    * Rollingan Mingguan 0,3% + 0,2%
    Info > http://horepoker.com/news.php?id=5322
    * Bonus Referral 15% (berlaku selamanya)
    * Bonus Double Referral 50.000
    Info > http://horepoker.com/news.php?id=5325

    Contact Us
    - Livechat : HOREPOKER
    - WA : +6281270912905
    - LINE : @HOREPOKER
    - BBM : E30EF5D1

    Support Bank HOREPOKER :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - DANAMON

    BalasHapus

Back
to top