Tom Yam Ikan Tuna

Tom Yam jadi masakan favoritku sejak aku kenal masakan Thailand. Rasanya yang pedas dan asem-asem gimana gitu, bener-bener nagih. 

Kali pertama nyobain masak sendiri, waktu masih kuliah. Resepnya dapat dari Mama Mertua, yang saat itu masih calon :p. Tapi, kali ini aku mau cerita masak tom yam dengan bumbu instan atau perencah instan yang suka dibawakan Mamer dari Malaysia pas pulang ke sini. Meskipun pakai bumbu instan, tetep perlu ditambahin bahan-bahan asli biar rasanya mantaps.

Biasanya, aku isian tom yam masakanku: udang, ikan, macem-macem bakso ikan (yang bentuknya aneh-aneh itu loh). Tapi, kali ini udang di Superindo Jakal udah abis, jadinya aku pakai ikan tuna. Yawes nggak apa-apa. Cuss kita meluncur ke resepnya ;)

Bahan:
500 gram ikan tuna, dipotong agak besar-besar biar nggak hancur pas dimasak
10 butir bakso ikan belah jadi 2 atau 3
5 batang daun bawang di iris kira-kira 1 cm, jangan lupa pakai penggaris
1 genggam daun jeruk disobek tapi jangan sampai putus
5 siung bawang putih digeprek lalu dicincang
5 batang serai memarkan bagian putihnya
2 butir bawang bombay ukuran sedang, dipotong bulat-bulat atau sesuai selera nggak dosa kok
1 jempol tangan jahe, dikupas kulitnya lalu digeprek pakai pisau
10 butir cabe rawit merah atau sesuai selera, 5 butir di iris-iris, sisanya biarkan apa adanya, jangan sakiti dia
2 butir tomat besar belah jadi bentuk wedges
1 butir jeruk nipis
3-4 gelas / 1 liter air minum
Garam 2-3 sendok teh
Gula pasir 1 sendok teh 
1 bungkus perencah tom yam (sebenarnya nggak pakai ini juga udah jadi tom yam nya, cuman kalau mama mertua nyaranin pake ini biar rasanya lebih keluar, maaf ya nggak organik #bhayy :p. Kalau nggak pakai perencah, tambahan 5 butir cabai , 3 siung bawang putih, dan 1 blok terasi udang dihaluskan)

Cara memasak:
1. Panasin kompor, tuang 3 sendok makan minyak goreng, atau olive oil biar glamoran dikit. Eh maksudnya biar sehat. 
2. Masukkan bawang bombay, bawang putih. Tumis sampai harum. Tambahkan 1 bungkus perencah tom yam dan daun bawang, cabai iris, tumis lagi sampai daun bawang bersatu dengan cabai lalu kelelahan dan layu. Tambahkan serai, jahe geprek, dan tomat, tumis.
3. Tuang  air minum, aduk dengan bumbu. Masukkan ikan dan bakso-bakso. Jangan terlalu diaduk biar ikan nggak ancur. Tambahkan cabe glondongan.
4.  Tambahan garam dan gula. Tunggu sampai air mendidih dan semua tampak matang. Matikan kompor, peras jeruk nipis di atasnya :).

Selesai sudah, dan ini dia penampakannya ^^





Oiya, itu yang sebelah nasi jamur krispi, salah satu resep andalanku bahahaha, lain kali yauw ceritanya :)

Okai, sekian dulu cerita tom yam kali ini. Goodluck kalau pada mau nyobak yah :)

See you,
@diladol



CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Back
to top