[Jajan] 6 Kuliner Asyik Purwokerto


Annyeong!!


Tahun lalu *hyaa ketahuan banget mati suri blognya, tabur bunga dulu* The Ansharis berkesempatan mengunjungi Purwokerto, kota tempat Pak Baba menghabiskan masa kecil dan remaja yang menggelora. Kami ke sana dalam rangka perpanjang pajak STNK, tapi pada hakikatnya, liburan terselubung :))))).Selain menyimpan banyak kenangan untuk Pak Baba *semoga bukan kenangan cinta yang indah ya*, juga menyimpan kuliner-kuliner yang asyik untuk dicemil. So, here we go! Mari aku bocorin kuliner wajib coba jika kamu ke Purwokerto.


1. Sate Martawi

Jalan Masjid Agung, dekat dengan Alun-Alun Purwokerto. Kata Pak Baba ini femes dan melegenda. Uenak sih, palagi makannya disajikan sama kuah gule 😱😱😱. Tapi, saat kami datang, kok sepi yaa? Kirain udah habis, ternyata ya emang sepi. Apa udah luntur ajinya? 😁😁😁. Mungkin karena Pak Baba yang kurang update apa ya sehingga tempat ini udah ga hits lagi? Apa karena bukan malam minggu? Jalanan dan tempat-tempat makan pada sepi kayak kuburan *kemudian horor* 😁😁😁. Sate ayam seporsi 24rb dpt 10tusuk. Tusuknya dobel lidi tiap sate,jadinya kayak banyak padal sih ya ttp 10 biji. Nasi/ lontong 5rb. Jeruk panas bener-bener bikin patah hati! 8rb.

Tempatnya cukup nyaman untuk bawa anak-anak ya. Memang tidak ber-AC dan cukup kecil, tapi cukup bersih :). Kami ke sini malam hari, jadi nggak terlalu panas. Tentu saja tidak ada babychair :D







2. Soto Jalan Bank

Touchdown Purwokerto kian sah setelah makan soto (dilafalkan SROTO) Sokaraja legendaris H.Loso di Jl.Bank, favorit wajibnya Pak Baba. Sotonya pakai bumbu kacang, kerupuk bawang dan kerupuk kuning kayak kerupuk asinan bogor. Suedapppp! 
Soto ayam kampung 14rb. Mendoan 3rb. Es jeruk 5rb 😭😭😭, tapi enak banget sih emang es jeruknya kekeke. Soto dan mendoannya juga juwarak!


Tempat cukup nyaman juga untuk anak, tapi tanpa AC yah. Waktu ke sini Si Kala tidur, jadi kami geletakkan doi di meja panjang yang kami kuasai sendiri :))))



3. Bakso Pekih

Ini dia yg aku sukaaakkk! Makanan favorit sejuta umat kecuali yang enggak. Menyemarakkan siang poanas ngentang-ngentang di Purwokerto, kami menandaskan BAKSO PEKIH maha femes ini! Uenak emang sihh.#onthetablesituation bakso polos dan bakso urat + bakso telur. Bakso uratnya men uenak tenan kerasa buanget nggak KW urat daging dan tulang muda belianya 😁😁😁. Karena trauma pesen minum jeruk, kami minum es teh tawar seribu perak aja! 😁😁😁. Ternyata di sini es jeruk cumak 3rb. *Masih dendam sama jeruk di Sate Martawi*


Dari depan memang kayak sempit, tapi begtu masuk cukup luas loh. Seperti warung bakso pada umumnya, cukup panas, tapi anak-anak bisa lari-larian karena nggak langsung di pinggir jalan raya.


4. Choco Banana Cake from Bella's 

Satu lagi yaa satu lagi yang nggak boleh terlewat kalok mampir Purwokerto. Ada yang gaul banget buat oleh-oleh.#onthetablesituation BELLA CHOCO BANANA CAKE! 35ribu. Nggak ngerti lagi rasanya bisa enak begini, cokelat banget, pisang banget, lembut banget. Manisnya pas nggak lebay!

Kemarin dianter langsung sama ownernya sang baker cantik muda berbakat Chef Bella yg bentar lg go internesyenel. Bisa intip-intip di IG mereka yah @bellashealthybakes πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜. Udah gitu, dikasih bonus muffin yang lembut bangettt, dan nggak sempet difoto udah ludyess 😁😁😁


5. Es Brasil

Melawan panas dengan legenda es terhits sePurwokerto raya! Sambil mengenang kebahagiaan Pak Baba nyeruput es krim tempoe doloe ini pada masa ABGnya. ES BRASIL! Dingin segerrr memorable 😍😍😍. Es kopyor 15ribu, es kotak 2ribu. 


Tempatnya khas tempoe doloe, cukup nyaman, ada kipas besar-besar di atasnya :)


7. Supermegabestseller item ala Purwokerto, MENDOAN! and ... GETHUK GORENG!


Tempe mendoan purwokerto all time favorit ples gethuk goreng 3 rasa (pandan,duren,original). Mendoan sepaket isi 24lembar udah sama tepung bumbu dan kecap 37,5ribu. Gethuk goreng 32ribu/kilo. Belinya di daerah Sawangan, sentra mendoan dan oleh-oleh purwokerto. Bahagia banget, pulang-pulang nenteng besekan begini :)))). Bisa dimakan di tempat, bisa juga buat dibawa pulang. Dan, kalok buat oleh-oleh bilang aja, mereka udah paham dengan nyiapin yang tempe baru jadi besoknya, lengkap dengan penjelasan cara mengembu :))))). Oiya sepaket sudah disiapin dengan tepung bumbu dan kecap pedas manis. Tepung bumbunya rada keasinan buat kami, jadi bisa ditambahin tepung beras pas nggoreng yah, plus jangan lupa senjatanya: LONCANG!




Nah, itu dia 6 kuliner asyik Purwokerto! Tertarik buat nyobain?

Kita jumpa lagi di cerita-cerita kuliner selanjutnya ala The Ansharis yah! Kalau ingin tahu lebih banyak cerita kuliner dan jalan-jalan kami yang lebih update, sila intip akun IG @diladol :). SEE YOU THERE!

Annyeong!!!

CONVERSATION

9 komentar:

  1. Suami dulu kuliah di Pwt. Kapan2 klo kesan bisa jadi rujukan wiskul tuh hehe. TFS :)

    keluargahamsa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes Mbaa, mendoan dan srotonya wajib :))

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. wah mantap, aku cuma tahunya mendoan saja

    ReplyDelete
  3. Seru banget Bunnnn! Sumeh mukanya Kals. Dan ... Aku jadi pengin ke Purwokerto, ke rumahnya Icha, kenalan dan beli cakenya x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah, cusss ke sana, surga mendoaaan :D

      Delete
  4. waahh mbaak, aku asli purwokerto tapi baru tau ada bella cake, sayangnya sekarang udah ga domisili purwokerto lagi...nunggu lebaran daaaahhh T_T

    ReplyDelete
  5. Sate Martawi mah asli Cilacap Mba, yang di Pwt cabang Clp..jadi harganya ikutan harga Cilacap jadi agak bau Petro dollar gitu..hihihi, kalau harga Jogja mah harga bersahabat dari dulu, apalagi RM Padang Murah Meriah..hehehe..salam kenal Mba

    ReplyDelete

Back
to top