[Resep Kokidol] Sate Taichan, Sate Tersimpel Terpolos Tersuci yang Pernah Aku Nikmatin


Judulnya harus begitu banget yah? Wkwk. Tapi, emang itu kesan pertamaku sama sate taichan ini. Udah beberapa waktu lalu penasaran deh dengan sate taichan. Apa sih sebenernya, kok kayak hits banget? Sate ini beberapa kali muncul di IG stories-nya Awkarin dan Anya Geraldine *ketahuan follow dua anak fenomenal ini, tapi yang Awkarin udah unfoll kok. Anya masih kupertahanin, bentar lagi yak, LOL*

Setelah aku kepo-kepo kesana kemari, akhirnya aku tahu apa sejatinya sate taichan. Alkisah ada penjual sate bernama Pak Amir yang kedatangan tamu orang Jepang. Tamunya itu punya permintaan untuk memasak sendiri sate yang dipesannya. Lah? *aktif banget yah tamu satu ini*. Ternyata, sate yang dimasak itu lebih simpel. Dia menciptakan resep satenya sendiri gitu. Si Pak Jepang ini bikin sate ayam dengan bumbu garam dan jeruk nipis, lalu dibakar gitu aja dan dimakan dengan sambal merah. Selesai.

Terus, dari mana asal nama taichan? Ternyata diambil dari nama tamu tadi, Pak Taichan ;))). Ya amplop, aku kirain kan apaan ya sate taichan, sebuah brand gerai sate atau apalah gitu? Ternyata bukan. Sejak itu Pak Amir menjual menu sate taichan diikuti para penjual sate lainnya, khususnya penjual sate di daerah Senayan, Jakarta.

Bahkan, kalau aku intip di aplikasi go food aku, ada loh yang jual sate taichan di Jogja! Tapi, aku sengaja nih pengin nyoba bikin sendiri, mengingat resepnya yang sangat gampil.

So, here we go, kita cobain yah!

SATE TAICHAN A LA KOKIDOL

Bahan:
200gram dada ayam fillet, potong-potong seukuran sate
1/4 sdt garam atau sesuai selera kalok mau lebih asin
1/4 sdt bawang putih bubuk (bawang putih mentah juga boleh 1 siung aja)
1/4 sdt lada bubuk
1/4 butir jeruk nipis


Caranya:
Semua bahan dcampur dan didiamkan 15 menit. Kurang dari 15 menit juga nggak apa-apa deh, karena jeruk nipis itu tugasnya udah mengempukkan daging, kalau lebih lama lagi, takutnya mrotolin daging ayamnya. Jeruknya juga nggak usah banyak-banyak yah ;).

Tusuk daging dengan tusukan sate yah, sekitar 3 sampai 4 potong. Tip dariku, kalau manggangnya di teflon, nusukinnya jangan banyak-banyak, karena yang bagian pangkal nanti susah matengnya karena struktur teflon yang nggak rata. Kecuali, setusuk-tusuknya bisa nyemplung semua di teflon *ribet dah, tapi ngertilah ya, ya*.


Panggang aja di teflon yang udah dikasih sedikit minyak atau margarin, bolak-balik sampai warna daging berubah jadi putih dan matang. Sate DONE! Jadi sekitar 10 tusuk tergantung motongnya seberapa.

Sekarang kita bikin sambelnya yah. Aku nyoba sambel yang ditumis, tapi kurang yammce, jadi aku sarankan pakai sambal bawang mentah aja yah biar lebih nendang.


Bahan sambel:
5 buah cabe rawit oranye
1 siung bawang putih
sejumput garam
sejumput penyedap rasa/kaldu bubuk*suer kalau mau yummce berlebih emang harus pakai ini :D*
Uleg semuanya di cobek, kasar aja, lalu siram pakai 2-3 sdm minyak panas, selesai.

Udah semua yah, tinggal disajiin deh sate dan sambelnya, nggak pakai apa-apa lagi. Aku rasa sensasi sate ini emang di keberanian kita memadukannya dengan sambel yang membakar ya, karena rasa dagingnya cukup sederhana. Jadi, cucok ngets buat yang doyan pedes. Bagus juga buat menu diet yah karena dipanggang aja daging murni nggak pakai kulit ;). Meski puedes, kabar baiknya, untuk anak-anak tinggal dimakan aja satenya dipisah dari sambel, tambahin kecap. Asik, kan? Bisa jadi multifungsi, hehehe.


Gimana? Mending sate taichan atau sate madura? ;)) Cobain, yah!

Love,
@diladol




CONVERSATION

9 komentar:

  1. kemudian aku tetep baca resep ini haha. dan pengen ke superindo langsung. hufhh moga besok sukses!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw, goodluck kaccc. Tapi ini beneran merem ko, cuman garemm doankk emang dasarnya~~~

      Delete
    2. Sama banget.. Jadi pengen melipir ke supermarket sore ini.. Beli ayam fillet.. Bumbunya gampang ya makkk..

      Delete
  2. Ooo ini namanya sate taichan yaaa, hihihi, udh sering bikin tapi tep nyebutnya sate ayam, wkwkwkwkwk. Kl au suka sate madura, teteup..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak mandss, lebih berasa sate madura sih wkwkw, ini buat rekreasional rasa aja wakaka

      Delete
  3. Awal2 mba, aku ga begitu doyan sate ini.. Berasa ga nendang.. :p tapiiii lama2 kok malah ketagihan hahahahah... Malah jd suka sate yg ini.. Simple, sehat lagi :). Yg di senayan aku malah blm coba mba.. Soalnya di rawamangun jg udh banyak.. Tp penasaran nih pgn cobain di tempat aslinya :D

    ReplyDelete
  4. Kenapa ya aku selalu iri sama ibuk2 yang pinter masak semacam dirimu mbak 😊

    ReplyDelete
  5. Udah kebayang mak rasanya.. Aku kalo lagi males, goreng ayamnya cuma pake jeruk nipis, lada, dan garam doank.. Malah gak pake bawang putih.. Hehehe.. Ikan (air tawar) juga begitu.. *ketahuan ya pemalasnya.. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Udah kebayang mak rasanya.. Aku kalo lagi males, goreng ayamnya cuma pake jeruk nipis, lada, dan garam doank.. Malah gak pake bawang putih.. Hehehe.. Ikan (air tawar) juga begitu.. *ketahuan ya pemalasnya.. Hehehe

    ReplyDelete

Back
to top