Hangout Sarapan Asyique di Hotel Grand Tjokro Jogja


Hari ini, Sabtu, 23 September 2017, aku bersama para Emak Blogger diundang hangout gaul di Hotel Grand Tjokro Jogja. Sebagai hotel enthusiast, aku dan Kala jelas seneng banget, dia udah ge-er aja dikira kami mau staycation di sana, wk. Kalok aku, cukup qonaah diajak sarapan juga udah seneng, wk. Karena acaranya jam 08.00 pagi banget, udah persiapan dilaper-laperin dari H-1, LOL.

Begitu sampai, kami langsung dipersilakan ke resto hotelnya. Hmmm, sudah kuduga, tidak sia-sia aku sengaja laper-laperin dari kemarin, LOL. Kami memasuki area resto yang cukup luas. Desain restonya klasik eleghhhan dengan sentuhan aksen tradisional Jawa. Kita bisa melihat kendil-kendil, dan dandang-dandang anyaman tempat display makanan. Ada beberapa gubuk juga yang menyajikan masakan nusantara. Yuk kita icipin satu persatu.

Spotted Pak Baba sedang mencyduque yang manis-manis

Aneka baceman dan gudeg

Karedok dan lontong sayur

Pertama, di bagian nasi. Cukup lengkap sajian nasi, sayur, dan lauknya. Pagi ini kami kebagian nyicipin nasi putih/goreng, capcay, sapo bakso jamur, roasted chicken, baked potato, aneka sambal, dan kerupuk. Jagoannya di sini roasted chicken dan baked potato, menurutku. Bumbunya nggak pelit, ayamnya sedikit mirip dengan ayam goreng mentega.



Di island ini juga ada salad, asinan, dan keju! Sayang jenis kejunya cuma dua, parut dan yang sudah dipotong dadu. Nggak tahu juga jenis keju apa, hehe.

Selain bagian nasi, ada juga beberapa gubuk masakan tradisional lainnya. Siap-siap ya, karena mayan banyak~ Ada karedok, nasi kucing, aneka sayur oseng, lontong sayur, bubur ayam, aneka lauk bacem, gudeg, bakso, bubur/ jenang manis, gorengan, dan ubi manis rebus. Tumben kali ini aku nggak nyobain semuanya karena faktor waktu, hiks. Tapi, bubur ayamnya enakk, buburnya sendiri gurih dan lembut. Tinggal pinter-pinternya kita aja ngeracik pelengkapnya yang macem-macem. Oh, nasi kucingnya juga enakk, nasinya gurih dengan topping teri di atasnya. Ini dimakannya dengan aneka sayur oseng.


Favorit sepanjang masa

Jenang


Beranjak ke bagian roti dan sweets. Ini keahlian Pak baba nih, hehehe. Di sini kita akan bertemu dengan aneka donat, toast dengan aneka selai dan butter, roti manis, dan puding. Testimoni Pak Baba, cobalah toast dengan butternya yang enak banget.




Huft, udah kenyang? Tarik napas dulu seus, masih ada stand live cooking yang biasa dihuni oleh chef pembuat telur ;D. Ada juga sosis di sini, tapi pas kucobain sosisnya dingin. Yaaah ;(. Eh, di stand ini ternyata ada nyempil churros dan aneka saus juga! Balik ke telur, aku pesen omeletnya. Enaknya, nggak perlu nunggu lama, banyak yang udah tersedia, dan masih hangat. Aku ambil satu. Pas aku coba, hmmm, lembut banget dan creamy, cuman bagiku kurang asin dikit dan isiannya (paprika, tomat, dll) kurang terasa.

Tip dariku: makan omelet pakai saus chicken roasted dan sambal matah

Capek ngunyah-ngunyah, mari kita istirohat dulu sambil menggelontor sisa-sisa lemak di mulut dengan yang segar-segar :D. Mereka punya jamu! Ada dua varian, yaitu beras kencur dan kunyit asam. Bisa nih buat nyekokin Kala pakai beras kencur dulu sebelum makan, biar makannya banyak ;)))). Asal emaknya nggak ikutan aja, LOL. Selain jamu, aku cukup terkesan dengan stand live smoothies. Jadi, kita bisa langsung pesan pengin diblenderin buah apa. Yah kayak beli di mas-mas jus pada umumnya sih hahahaha. Tapi, jarang kutemuin nih di hotel. Padahal mereka udah sediain juga jus siap saji. Aku pesan jus mangga! Rasanya, segerr dan manis!

Varian jamunya kurang banyakk, mau donk galian singset, wk.



Sepertinya semua yang mampu dicoba sudah dicobaa yaah~ Saatnya kami lanjut ke acara inti. Padahal bagiku acara inti adalah bagian review makanan huahahaha.  Dengan berat hati aku harus meninggalkan area Tjokro Restaurant ini, wk. Overall cukup memuaskan yah makanan dan pelayanannya. Kala sempet muntah on the spot donkk, karena kelamaan ngemut makanan wkwk. Was-was deh nih takut kalok dijutekin petugasnya pas lapor. Untunglah bagian kebersihan membersihkannya dengan sopan dan nggak njutekin akika hihi, ampun yah Mas, meskipun agak lama sih datangnya, sampai aku lapor 2x.

Selanjutnya rombongan emak-emak tergerak 2017 dibagi dua, emak-emak hotel tour. Anak dan bapaknya ikutan cooking class! Wihh asyik. Mereka bakalan bikin waffle. Can i join too? Mager jalan-jalan, LOL.

Eh ternyata, seru juga tour yang dipandu oleh Pak Dony, bagian human resources. Kami lihat sky lounge, gaul abis bisa lihat kota Jogja, apalagi kalok malam, pasti aku kan terperangah #bundagumunlampu2017 . Intip kamar, ruang spa, karaoke! (Yaa ada karaokenya jugak), meeting room, dsb. Rasanya langsung mau terjun aja ke kasur pas kami diantar untuk lihat-lihat deluxe suite nya, hehehe.

Sementara itu, tim cooking class udah makan-makan. Untung masih kebagian wafflenya yang manis dan gurih ;). Kala dan Pak Baba kayaknya bersenang-senang.



Habis itu lanjut renang, alias keceh-keceh main air si Kala. Kolam renangnya kecil sih, lebih cocok disebut sebagai kolam anak. Yah, buat orang dewasa cukupanlah untuk ngapung-ngapung cantique, LOL. Tapi, ada enaknya juga nih. Kalok ortu males nyemplung, anak itu akan aman-aman aja main sambil diawasin dari pinggir, haha lagi-lagi #ortumager2017 .



Sudah happy sudah kenyang, saatnya kami pamitan!Tentunya Kala nggak mau pulang, maunya nginep, wk. Doain aja Mama dapet free stay, nak! ;))). Sampai rumah masih dibahas lagi, "Kenapa kita nggak di hotel aja, Ma?" Huftt.

Emak-emak idolaque sepanjang waktoe

Udah ditraktir makan dan diajak main-main, masih dikasih oleh-oleh pulak. Goodiebag berisi souvenir dan tentoenya pricelist untuk paket kuliner hotelnya, :)))), penting nihh. Ada banyak paket yang ditawarin, dari makan biasa, arisan, meeting, sampai wedding. Bisa buat persiapan ngunduh mantu besok 20 tahun lagi, LOL.

Aku bocorin dikit yah pricelist paket kulinernya.
Harga sarapan di Hotel Grand Tjokro Yogyakarta:
Dewasa 72.600 (nggak ngerti juga kenapa harganya angka cantique begini, wk)
Anak-anak (6-12 tahun) 55.000 . Berarti bawah 6 tahun masih free, yah.

Paket arisan dan paket ulang tahun di Grand Tjokro Yogyakarta

Paket cooking class di Grand Tjokro Yogyakarta


Selain paket itu, masih ada paket-paket lainnya. Kepoin aja akun instagramnya yah @grandtjokroyogyakarta atau langsung aja hubungin kontaknya di sini:
Grand Tjokro Yogyakarta



Thankyou Grand Tjokro untuk keramahannya, semoga lain waktu #theansharis bisa staycation di sana ;)

#sashospitality
#soulmedgrandtjokroyogyakarta

Love,
@diladol


CONVERSATION

8 komentar:

  1. duh ngiler deh. wafelnya, donatnya=)

    BalasHapus
  2. Pastry-nya juarak. Aku nambah lagi.. lagi.. lagi.

    BalasHapus
  3. BUNNN aku bego banget kamu suruh tarik napas, aku manut, wkwkwkwk. Saking menghayatinya perjalanan kuliner dan cooking class dan bersantai di pinggir pool ini benar-benar mantaaappp

    BalasHapus
  4. Wah ternyata ada adegan muntah on the spot..kalo aku pas pulangnya tuh tayo masih mampir minta makan yamie panda..dan disana baru terjadi tragedi muntah on the post yang cukup dahsyat sampe ngenain pengunjung lain...trus papanya panik malah numpahin sambel...wkwkwk..dramatis bgt lah pokoknya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  5. Waaa aku nggak nyicip roasted chickennya karena lagi sakit gigi :(

    BalasHapus
  6. Menu sarapannya bikin ngiler mak,asyik ya ya bisa makan bareng emak2 cantiq. Kalau yg di KLaten malah nggak ada poolnya,untung anakku ngga minta renang. :D

    BalasHapus
  7. roasted chickennya begitu menggoda

    BalasHapus

Back
to top