[Resep Kokidol] Capjae, Selera Lama Bersemi Kembali


Bukan capcay yah, melainkan CAPJAE. Atau
banyak juga yang suka memanggilnya dengan panggilan beken capjaek, pake "k", LOL.

Menu ini merupakan masakan Jawa favorit aku. Terdiri dari bakwan polos goreng yang dibumbuin gurih manis. Sederhana banget, tapi ngangenin! Apalagi di bulan Ramadan gini, kenanganku langsung meluncur jauh ke belasan tahun silam. Waktu masih bocah, tiap bulan puasa selalu nungguin mbah-mbah penjual jajanan (kita sebut saja beliau Mbah JaJan :)) yang keliling tiap sore, menjelang berbuka puasa. Diantara menu menggiurkan yang dibawa, seperti meniran, pecel, tahu tempe bacem, bakmi, ada juga CAPJAE~ Bakalan kalap mborong deh tuh kalau Mbah JaJan udah dateng. Kalok pas absen, mewek, LOL.


Kenanganku akan capjae, nggak cuman berhenti pada Mbah Jajan aja. Menu ini biasanya ada di antara variasi menu besekan gendurenan, atau mungkin kita kenal sebagai kenduri orang hajatan atau lelayu. Capjae ini yang selalu aku cari nih kalok Bapakku pulang dari kenduri, LOL. Kalok nggak ada menu capjae dan perkedel kentang, langsung kukasih nilai minus besekannya, wkwk. Habis, rasanya enak bangets, empuk-empuknya bakwan polos terasa gurih dan manis, enakk. Kalok kebiasaanku, aku suka nyariin bagian bakwan yang agak garing dengan legit kecap yang kerasa banget, wah, itu sedap syekalii.


Sekarang kalok mau beli, ada sih di warung depan gang rumah. Tapi, bubuhan kecapnya suka hemat dan bersahaja gitu, alias kurang nampol >,<. Alangkah nikmatnya jika dimasak sendiri di rumah dengan kucuran kecap melimpah yang akan menjadikan capjae ini #jadilebihbaik karena terasa legit surgawi. Asyique, kubagiin di sini yah resepnya~

Capjae Ayam a la Kokidol





Bahan:
Bahan bakwan polos:
7 sdm munjung tepung terigu
1 butir telur
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt garam

Bahan pelengkap:
1 buah wortel, iris tipis
segenggam sawi hijau atau kubis
1 batang daun bawang iris-iris
1 batang seledri untuk taburan
1 dada ayam fillet, iris tipis
Bawang goreng untuk taburan jika suka

Bumbu:
3 siung bawang putih dihaluskan
3 butir kemiri dihaluskan bareng bawang putih
(Bawang putih dan kemiri ini kalok aku ganti pakai baceman bawang)
1/2 sdm merica (kalok kurang suka pedes merica, bisa dikurangi)
 3 sdm kecap manis Indofood
1 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen (kalok uda pakai baceman bawang, skip aja)
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt garam
1/2 gelas air

Langsung kita bikin, yak! Pertama kita bikin dulu bakwan polosnya. Caranya kayak kita bikin bakwan pada umumnya. Campur semua bahan bakwan polos, lalu goreng per 1 sdm dengan minyak banyak. Setelah garing semuanya, potong-potong memanjang, yah. Sisihkan.



Siapkan wajan untuk memasak bumbu yah. Tumis bawang putih dan kemiri halus hingga harum, masukkan wortel, sayuran, dan ayam. Tambahkan air 1/2 gelas, tutup wajan sekitar 5 menit agar bahan pelengkap matang.






Buka wajan, masukkan bakwan polos, tambahkan kecap Indofood, saus, kaldu bubuk, dan garam. Aduk sampai semua tercampur rata. Selesai deh! Gampang, kan?






Kalok kupikir-pikir, menu ini cocok banget untuk Kala yang emang perlu booster berat badan. Ada protein, karbo, juga vitamin dari sayurnya. Udah gitu, dimakan bareng nasi. Wuah, double karbo deh, mantapps~ Terharu jugak jadinya, dari menu sederhana kayak gini bisa bikin Kala #jadilebihbaik dan sehat~~





Gimana, mau nyoba juga? Atau, kamu punya resep favorit yang membuatmu dan keluarga #jadilebihbaik? Share juga, yuk! ^.^

Love,
@diladol


CONVERSATION

34 komentar:

  1. Mau cobaaaaa mak :D akoh pecinta capcay :D tapi lihat capjae ini jadi pengin cobak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cobainnn yaah, enakk pakai kecap indofood jangan lupa LOL

      Delete
  2. Favorit ni capjae, masakan yg sayurannya bisa ngeblend ada rasanya, cobain aaah resep ala kokidol..

    ReplyDelete
  3. Mau nyoba.....nanti dicobain ah. Kelihatannya enak banget mba

    ReplyDelete
  4. Aku biasanya capcaynya beli tapi ternyata resepnya mudah :)

    ReplyDelete
  5. Bakwan polosnya menggoda. Di sini sudah jarang capcay pakai bakwan seperti itu. Aku save resepnya ya :*

    ReplyDelete
  6. capjae...wah baru tahu nih. cobaa ah. makasih resepnya :)

    ReplyDelete
  7. unik! kayaknya sedap guriiih.. kalo aku pake kecap2 gini favorit keluarga ya ayam kecap mba

    ReplyDelete
  8. Huwaaa aku mauuu, pengen nyobaaa...

    ReplyDelete
  9. Ternyata itu adalah kekian KW ya mbak hihihi aku pengen banget nyoba ini klo ke Jogja

    ReplyDelete
  10. Wah saya baru tau masakan ini, haha... Enak juga ya karena saya pecinta bakwan. Nanti saya mau re-cook deh :D

    ReplyDelete
  11. Dulu jadi inget pas di Jogja bilang beli capcay dikasihnya capjae. Hatiku remuk redam. Niat makan sehat sayur-mayur malah makan karbo lauk karbo (timbangan oh timbangan..) wkwkwkwk.. :))

    Sekarang malah kangen capjae, karena nggak ada yang jual selain di Jogja (sepertinya begitu). Btw makasih resepnya ya, mba! Akan segera aku praktekan!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha iya siii karboo, tp bener kan nganeniiin? wkwkkw

      Delete
  12. Cobain aaaah... bikin ngileeeer banget :)

    ReplyDelete
  13. makanan favorit saya ni mbak.

    ReplyDelete
  14. Saya susah nemu capjae yg pakai tepung macam ini kalo dijogja. Mksh mak dil resepnya. Bisa dicoba waktu kangen capjae macam ini.

    ReplyDelete
  15. kemampuanmu sepertinya setara dengan mbah2 pembuat capjaek di kampungku yang hits mbaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahahhaha lebay lu kac, kuanggapan sbg pujian ya wkwkw

      Delete
  16. Selama ini mengira otak2 yg ada di dalam capjae ... ternyata bakwan polos toh

    ReplyDelete
  17. Mau ih Capjaenya. Nyari di Bandung susah, kudu buat sendiri nih.

    ReplyDelete

Back
to top