[Resep Kokidol] Degdegan Makan Kimchi Gochujang

Penyajiannya kutaburin bubuk cabe secara terpisah :)

Pak Baba yang selalu impulsif abis nonton tv, minta dibikinin kimchi tiap habis nonton Runningman. Sebagai #istrisoleha2015, akhirnya kuwujudkan juga permintaannya setelah sekian lama.

Untuk resep kimchi ini tadinya aku mau sotoy kayak kalok masak biasanya, nggak pake googling dulu. Tapi, kok agak takut ya, soalnya kan bukan masakan Endonesa kesukaanku, takut keracunan kekekeke. Jadi aku jalan-jalan dulu tuh nyari wangsit ke beberapa web, salah satunya ke Just Try and Taste, Mba Endang food blogger kondianggg. Tapi, resep yang kutulis dan kucoba ini nggak sama, karena sesuai kepribadianku yang sotoy, nggak asyik rasanya kalok nggak nyoba-nyoba sotoy di setiap hidangan wakakaka *bilang aja nggak punya bahan, Dol!*. Selain ke JTT, aku juga lihat-lihat ke blog-blog lain untuk perbandingan, juga cookpad. Rata-rata semuanya pakai bubuk cabai korea, bukan pasta cabai korea. Jadinya, ya aku beneran sotoy mau nyoba pakai gochujang si pasta cabe yang udah eksis di kulkas nggak habis-habis. Bahan lain yang aku nggak punya juga aku sekip dan kuganti seenaknya. Makanya agak deg-degan juga sih ya. Misalnya nih minyak ikan aku ganti pakai teri giling biar bau-bau ikan wekekeke.Soal takaran juga, aku selalu menyesuaikan.


Nah, berikut ini resepnya yauww!

Bahan:
2 buah sawi putih ukuran sedang
1 buah wortel potong korek api panjang, aku pakai alat jadinya cuepet dan praktis.
4 buah daun bawang potong tipis memanjang.

Bumbu:
10 sdm garam
2 sdm gochujang
1 genggam kecil teri asin diuleg lembut
1 ruas jari jahe dihaluskan
3 siung bawang putih dihaluskan
5 sdm gula pasir
3 sdm tepung ketan
1 gelas air

Cara eksekusyen:
1. Lumurin sawi dengan garam sampai doi lemas. Beneran ntar jadi lemes banget tu sawi gara-gara digaremin lama. Diemin selama 2 jam. Kalau di resep-resep bilangnya 4-6 jam. Tapi, karena aku nggak sabaran ya begitulah. Kalau udah, bilas sawinya di air untuk ngurangin asinnya.
2. Bikin bubur tepung ketan. Caranya, panasin air, tambahkan tepung ketan, aduk terus sampai jadi bubur. Ini pakai tepung apapun kayana nggak apa deh, kalok JTT pakai tepung beras.
3. Tuang bubur ketan di baskom. Tambahkan gochujang, teri, jahe, bawang, gula pasir. Aduk, lalu tambahkan wortel, daun bawang, aduk dengan tangan. Sudah gitu, masukkan sawi-sawi lelah tadi, campurkan semua dengan adonan. Masukkan ke dalam toples kedap udara, diamkan 2 hari di suhu ruang. Setelahnya kalau mau disimpan, masukkan kulkas.

Setelah dua hari, toples tupperwareku yang bulat itu kayak mau meledak, wakakaka. Gasnya kayak mau nyembur keluar gitu, posisi tutupnya menyembul ke atas. Takut donk, aku. Kumintalah Pak Baba untuk bukain, ternyata nggak meledak juga sih, cuma ada bunyi pop kayak kalok kita buka minuman soda, ini juga nggak kenceng banget, buehehehe.

Pas kuicip rasanya, beneran kimchiii, asemmm gitu bueh bueh hahaha. Jujur aja aku nggak bisa menilai enak apa enggak, karena menurutku ya rasanya emang begitulah ya, asem-asem pedes gitu. Yang penting, Pak Baba tersenyum puas, dan nggak sakit perut.

Beneran aku sempat khawatir, sukses nggak sih bikin kimchinya. Itu kan mentah nggak dimasak ya? Basi nggak sih? Beneran terfermentasi nggak sih? Karena panik, aku googling-googling lagi deh, apa yang membuat kimchi itu terfermentasi. Ples, aku tanya Papmertua, Daddy aku yang prof dan jago di bidang itu.
Jawabannya, itu emang terfermentasi oleh garam itu. Dan, lebih baik pakai toples kaca, lebih aman karena kalok pakai toples plastik bisa terserap kandungan plastiknya *wuaaa gimana tupperwarekuuuu*. Nah, tandanya kalok berhasil fermentasi adalah rasanya asam, baunya juga. Lalu, ada buih-buih di toplesnya. Sedangkan kalau gagal baunya kayak sayuran busuk. Hufttt, secara bau dan rasa sih berhasil yaaa, tapi aku tetep deg-degan hhahhahaha. Apa mending makan aja kimchi yang belum terfermentasi ya? :)))))

Kalok kamu, pernah bikin juga? Trus, apa kimchiku ini udah bener?

Love,
@diladol



CONVERSATION

9 komentar:

  1. aku sukaaaa bikin kimchi. aku pakenya tepung sagu atau maizena. pake resepnya maangchi hehehehe kalau udah punya kimchi tuh rasanya aman, pake nasi aja udah enak soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya




      (((( BUKA BLO DANA GHAIB DAN NOMOR GHAIB MBAH RAWA GUMPALA ))))







      Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya.

      Delete
  2. Aih ini pada suka Korean Food yak. :D

    Kerenlah bisa bikin Kimchi. Aku malah kurang suka rasanya, wkwwk. *ndeso :D

    ReplyDelete
  3. Pernaahh cubain eehh rasanya semriwiiinggg

    ReplyDelete
  4. Gochujangnya itu gak tahu beli di mana.. hiks hiks.. Nyari2 malah ketemu Kimchi Halal dari Korea, ya sudah deh beli jadi aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku waktu itu ketemu gochujang di lotte, btw ketemu kimchi halal dmn ka?

      Delete
    2. Aku waktu itu ketemu gochujang di lotte, btw ketemu kimchi halal dmn ka?

      Delete
  5. Hahahaha... aku jujur aja blm sanggub makanin kimchi mba... tiap ke resto korea, pasti kimchi yg ga bisa kemakan, hihihihi...jd boro2 mau bikin sendiri ;p... ga bkl sukses itu mah

    ReplyDelete
  6. saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan













    saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan













    ReplyDelete

Back
to top