[Jajan] Jelajah Kuliner Bukittinggi, Wabep Rancak Bana!


Curhat donk, Mah dulu, ya! Jadi, akhir bulan ini, abis lebaran, ada sepupu di Padang yang mau nikah. Yey! Ke Padang lagi donk, ya? Sayangnya eij nggak bisa berangkat karena usia kandungan yang udah lebih dari 33 minggu. Sebenarnya masih bisa sih, ya. Cuman kok ya kayaknya agak nggak tenang gitu. Tar bisa-bisa akte Padang nih anak kedua, hehe.

Untuk mengobati kerinduan sebenernya pengin banget ke Padang-Bukittinggi lagi, tapi nggak mampu, ini eij lanjutin lagi ya cerita jajan-jajan di Padang dan Bukittinggi. Cerita yang Chapter Padang udah kutulis di sini.


Perjalanan dari Padang ke Bukittinggi makan waktu sekitar 2 jam. Aku, Pak Baba, Kala, dan Oma diantar oleh Om dan Tante naik mobil. Perjalanan ke Bukittinggi ini asyik deh, pemandangannya baguss, lewatin Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Di perjalanan kami juga melewati Lembah Anai yang terkenal itu.

Sebelum sampai ke Bukittinggi, kami mampir di Museum Padang Panjang. Tujuannya pengin nikah lagi. Whattt? Maksud eij, pakai baju adat Sumatra Barat. Impian dulu nikahnya pakai baju Padang lom kesampaian, wkwkw. Masuk museum ini gratis yah, sewa bajunya yang bayar, 35ribu sepuasnya.


1. Rumah Makan Simpang Raya

Setelah foto-foto alay, lanjutlah perjalanan ke Bukittinggi. Sampai di Bukittinggi, kami dijamu lagi di Rumah Makan Padang Simpang Raya. Ternyata resto ini punya sodara Pak Baba. Wagelabep!! Btw, restoran ini juga ada di Padang, Jakarta, Jogja, Bali. Kalik ada yang pernah nyobain?

Seperti biasa, makanan dijembreng di meja. Kami dijamu di area lesehan restoran ini. Mata udah ijo banget pengin icip semuanya. Yang jarang kulihat, segala ada sate ayam hot plate, wkwkw. Enaque semuanya pokoknya manteppp. Yakalik resto sodara dibilang nggak mantul mantap betul, lol. Eh beneran tapi, mantuuuul!


2. Pisang Panggang Pasa Ateh

Beberapa sodara kami ada yang punya kios di Pasa Ateh alias Pasar Atas Bukittinggi. Jadi, kami silaturahim ke sana juga. Lagipula ini pasar terhitz se-Bukittinggi yah, lokasinya satu komplek dengan Jam Gadang yang terkenal itu. Jadi, wuajib banget ke pasar ini.

Di sana kami jajan pisang panggang yang penampakannya nggak kayak pisang panggang, lol. Jadi, pisang panggang ini dikuahi santan gitu. Pisang kuah santan, rasanya manis dan seger. Oiya ini dimakannya anget, pas banget saat itu ujan-ujan. Yumm!



3. Sate Mak Aciak Pasa Ateh

Ini juaranya sih! Sate Padangggg ternikmat yang pernah kusantap! Lokasinya masih di Pasar Atas. Nyesel sumpah cuma beli sekali, huhuhu.

Ini beda sumpah sama sate padang di Jogja. Jadi, daging sapinya tuh tebel-tebel banget trus bener-bener kerasa dibakar berbumbu. Bumbunya emang nggak kuning, lebih ke cokelat, tapi YATUHAN superenak parah banget. Nggak ngerti lagi, lol!




4. Pical Sikai

Sama aja sih dengan pecel kalok di Jawa. Katanya ini makanan legendaris di Bukittinggi. Jadi, wajib dicobain. Warungnya kecil dan masuk gang gitu. Lokasinya ada di dekat Taman Ngarai Sianok. Pernah dengar? Jadi ini semacam taman yang ada di ketinggian gitu, bisa lihat lembah dan gunung dari sini. Ada juga di bagian bawah Goa Jepangnya. Tapi, aku nggak masuk, mager, lol.

Menurutku pecelnya nggak spesial yaaaa, huhuhu. Malah ada rasa-rasa agak asem gitu.


Nah, kalok yang ini namanya Lamang Tapai. Masih di warung yang sama. Kalok di Jawa semacam lopis, ada ketan itemnya juga. Ini rasanya juga asem kataku sih, bayanganku bakalan manis, hehehe.



Btw, ati-ati ya kalok ke taman ini, banyak monyet usilnya. Saat itu mereka berhasil menggondol bekal kami dari rumah. Doh!


5. Rumah Pohon di Ngarai Sianok

Kami diajak ke kafe gaul nih, sama salah satu tante. Lokasinya cukup nanjak. Sepanjang jalan sebenarnya banyak warung Bebek Lado Mudo. Tapi, kenapa nggak cobain, ya? Wkwk, oncem emang eij, sekarang baru nyesel.

Kafenya terletak di ketinggian, ada gubuk-gubuk yang disusun naik dengan tangga kayak rumah pohon. Menu di sini macem-macem, ada menu kafe kayak kentang goreng, tapi juga ada soto Padang. Kita bisa ngopi-nyemil cantik di tempat ini sambil menikmati pemandangan alam. Cuacanya juga sejukk. Duh, asik banget, deh!



6. Lontong Sayur Pasar Deket Rumah

Asli ya, aku suka banget kampung ayah mertuaku di Bukittinggi ini. Sejuk, asri, masih ada juga rumah-rumah gadang meski sedikit. Belakang rumah nenek langsung Gunung Singgalang. Saat itu, pagi-pagi eij dan Pak Baba jalan-jalan sekalian pacaran ke pasar. Nggak deket amat siiih, pulangnya pengin naik angkottt, lol. Kami berburu lontong sayurrrr~

Menurutku ini enaqueee. Cuman, malah rasanya kurang berempah pedes kayak lontong sayur Padang yang kutemui di Jogja, hahaha. Ini lebih kayak opor kuning.




Sekiranya itu saja yang bisa kuceritain. Rasanya tetep luar biasa sih, bisa menginjakkan kaki di luar Jawa selain Bali. Aaaah, semoga lain kali bisa pulang lagi ke Padang dan Bukittinggi. Aamiin, jangan? ;)

Love, 

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top