[#SepanjangJajanKenangan] Bandung dalam 8 Jam


Kangennya pergi ke luar kota, Geng! Untuk levelku, udah mulai bikin stres, sih. Jadi, keidean bikin seri #SepanjangJajanKenangan versi Kokidol sebagai bentuk terapi kangen jajan dan jalan-jalan, meski hanya bisa dilampiaskan melalui throwback virtual :'). 

Terakhir ke luar kota Februari 2020 lalu, saat pandemilicious baruuu banget hits di Indonesia, tetapi belum ada regulasi yang berarti. Jadi, saat itu aku pergi ke Bandung untuk urusan pekerjaan. Ceritanya mau meeting dengan calon penulis buku yang kukerjakan. Salah dua influencer yang akan menulis kisah cinta islami nan menginspirasi <3. 

Nah, karena aku masih menyusui Adik N dan di keluargaku ada peraturan tidak tertulis "nggak boleh nginep ninggalin anak yang masih menyusu", jadi aku ke Bandung pergi-pulang dari Jogja. Naik pesawat pagi lalu pulang sore harinya. Saat itu deg-degan banget naik Wings Air, wkwkw. Jujyur aku belum pernah naik pesawat kecil dengan baling-baling begitu. Merapal doa di sepanjang perjalanan, haha!

Jadwal meeting-ku dimulai pukul 10.00 dan berakhir pukul 15.00 waktu adem Bandung :). Adem cuacanya, tapi panas otaknya :p. Meskipun jujyur, excited dengan project buku kali ini, ngebul sekali otak ini, Bundaaa! Buat ngademin lagi, satu yang kitorang butuhkan. Apa yang kitorang butuhkaaan? Jajanlah obat hati kita yang abadi :').

Baso Bandung di My Kopi-O

Karena masih ada waktu sebelum jadwal pesawat ke Jogja, secara spontan kan kumanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk kulineran kilat tepat guna!

Dari My Kopi-O di Jalan Trunojoyo, tempat meeting-ku, kuputuskan untuk jalan kaki aja cari kuliner sekitar. Aku ditemani Dy Lunaly, co-editor-ku untuk project ini. Duh, senang banget jalan kaki di sekitaran Trunojoyo ini, berasa jadi Milea :'). Dilannya PaGojek lewat. Aku bersyukur banget, penulisku memilih kafe ini, karena tempatnya superstrategis. Nggak nyangka dekat dengan Cici Claypot! OMG, like dream come true, :D! Udah sering banget terpapar tempat jajan ini dari teman-teman Instagram, terutama Mba Tesya.

Cici Claypot, tempat makan kuah-kuah seger ngeunah

Jl. Trunojoyo No.58, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Di Cici Claypot ini aku jajan Baso Aci, Mie Siram Sapi (untuk Dy), dan Cireng. Harganya 20-30ribuan. Overall, semuanya aku suka. Baso Aci dan Mie Siram Sapinya disajikan dalam claypot dan masih mengepul asap panasnya. Porsinya besar banget! Dijamin superkenyang!

Mie Kriuk Siram Sapi (38ribu)

Ini pesanan Dy, tapi aku ikut nyicipin, hehe. Mienya digoreng kering khas mie siram. Maka dari itu, dinamai mie kriuk, ya. Rasa gurih kaldunya kanmaen, nggak kaleng-kaleng. Ngaldu banget dan dagingnya juga banyak. 


Baso Aci Mang Aup (21ribu)

Aku penggemar berat makanan model beginian, segala macem model bakso dan ubo rampe topping-nya. Dan, ini kali pertama aku cobain baso aci di Bandung! Rasanya kayak otentik aja gitu, wkwk. Ini seger pwol. Meski agak sedikit asin untuk lidahku (yang selalu sensitif palet asin), tapi tetep ngeunah! Aci dan cuanki lidahnya kenyal enak. Dapet bihun juga, jadi kenyang banget. Jangan lupa dimakannya pakai chilli oil yang disediain di tiap meja. Wassalamualaikum WR WB, yah! :")


Cireng Mang Aup (21ribu)

Ini lagiiiii. Nggak ngerti, deh. Cireng terenak yang pernah kumakan, wkwk. Beneran pas digigit krez, kenyalnya pas, nggak alot, dan bumbu dasarnya agak pedas. Lihat aja, warnanya emang agak oranye. Dimakan pakai sambel bawaannya yang kayaknya sambel bawang, makin mlethosss~ Namun, pakai chilli oil juga so gwed bang-get.


Tempat makan di Cici Claypot ini terbuka gitu, ya. Saat aku ke sana cuaca lagi mendukung banget, mendung adem, tapi nggak potensi ujan. Perfecto sekali untuk makan yang anget-anget. Bonus sedikit foto-foto #selflove yha! Trims.


Okeship! Yuk, beranjak ke spot berikutnya. Ya Allah memang sudah rejekiku yah berada di tempat one stop jajan kayak gini. Ternyata Cici Claypot juga nggak jauh dari Roti Gempol! 

Roti Gempol, roti bakar legendaris yang legit pisan!

Jl. Gempol Wetan No.14, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Atas rekomendasi dari owner Roti Bati, Ulil ratu jajan panutanku, akhirnya aku ke sini. Katanya wajib banget usahakan cicipin roti ini kalau ke Bandung. 

Roti Bakar Manis Perseorangan (11ribu)

Jujur nggak tahu beda detilnya dengan roti gandum biasa, tapi roti bakar gandum di sini memanglah enak banget. Karena tadi (((baru saja))) makan yang asin-asin, aku memesan roti bakar manis. 
Rasa sarikaya dan keju. Nikmatnya tiada tara. Pantas aja warung roti ini masih kokoh berdiri sejak tahun 1958. Best!



Sesuai tahun kelahirannya, warung roti ini kental dengan nuansa tempoe doloe. Mulai dari etalase kayu sampai sofa tempat duduk yang khas banget.



Kalau ke sini, kamu bisa cobain banyak banget varian dari roti perseorangan dan ngariung (porsi rame-rame). Variannya ada manis dan asin, dan pilihannya banyak bangettt. Pokoknya berpotensi galau saat lihat daftar menunya, ehehe.

Well, setelah kenyang kuadrat, aku pesan ojol menuju Bandara Husein Sastranegara. Tak lupa, dong, nge-Gofood Batagor Riri my ultimate love, wkwk. Satu paket vakum isi 10 seharga 150ribuan di Gofood. Paham nggak bakal cukup waktu kalau nyamperin langsung.

Puas banget jajan di Bandung meski hanya ke tiga tempat, termasuk kafe buat meeting. Saat kutulis lagi sekarang, perjalanan ini  amat kusyukuri nikmatnya, mengingat sekarang sulit sekali ya mau ke luar kota di era pandemilicious ini.

Okay, semoga #SepanjangJajanKenangan berikutnya, tayang nggak lama.

Ciao!
Kokidol



CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top