[Resep Kokidol] Ayam Goreng Mentega Semampunya



Kenapa semampunya? Habisnya pas nggak punya bawang bombay, apalagi kecap inggris! Jadi, hari ini masak ayam goreng mentega sederhana semampunya kulkas aku aja yah. Hasilnya? Teteup enaaaa ko ;)

Dulu banget aku pernah bikin sayap panggang enakk banget pakai bumbu saus-saus gitu. Karena waktu itu mikirnya ah gampang nggak perlu dicatet, jadi nggak kucatet apalagi posting resepnya. Akibatnya pas pengin nyoba lagi asli lupa ingatan gais! Nangis deh coba inget-inget lagi. Jadi dalam rangka mengabadikan resep meski gampil, aku akan tetep cerita tentang resep pasaran ayam goreng mentega semampunya yah :)

Beberapa waktu lalu, aku dan keluarga jajan di foodcourt Jogja City Mall. Salah satu pesanan kami adalah ayam goreng mentega, mama mertuaku yang pesen. Seneng banget mamaku sama menu itu, jadi kemarin beliau beli ayam, katanya, "Coba bikin ayam goreng mentega, Dila." *challenge accepted! Ala Barney Simpson :)))* Setelah cari-cari resepnya, beberapa sumber pakai bawang bombay dan kecap inggris. Tapi, karena di rumah nggak ada, sebagai #menantusoleha2016 , aku tetep nekat eksekusyen dengan gaya semampunya :)))).

Nah ini yah versi sederhana dari ayam goreng mentega.

AYAM GORENG MENTEGA SEMAMPUNYA

8 sayap ayam, potong jadi 2 bagian
1 butir jeruk nipis
1 sdt garam
Campur diamkan sementara siapin bumbu lainnya

Bumbu dan bahan tambahan:
2 sdm margarin
4 siung bawang putih cincang
2 batang daun bawang iris serong
1 buah cabe merah kriting iris tipis *biasa pada cemen pedes*
1 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen *ini minyak ajaib, kupikir bisa gantiin kecap inggris*
1/2 sdt merica
1 sdm gula jawa
1 sdt garam
1 mangkuk air

Yuk mulai!
1. Cuci ayam yang tadi uda dilumur jeruk dan garam lalu goreng. TAPI, karena aku cemen perihal ledakan ayam-ayam caper, jadi sebelum aku goreng aku bedakin dulu pakai tepung terigu dan maizena ampe menor, dengan harapan biar nggak meledak. Aslinya mah yah teteup percik-percik yang bagi aku uda kayak bom molotov hmmm.
2. Panasin minyak dan margarin, tumis bawang putih lalu daun bawang dan cabe. Kalau udah kering, tambahin air dan bumbu lainnya.
3. Masukkan ayam goreng, aduk rata.
4. Selesai dehh~~





Yey makan ayam sepuasnyah! Karena jadinya banyak, malem masih ada. Terima kasih Tuhan hemat makan malem ;))). Pas aku panasin lagi, wuih, kok rasa-rasanya jadi kayak ayam hotplate di Kerai Indah ya?;))) #proudchef . Beneran ayam mentega bukan sih? LOL.

Meskipun uenak, tapi masih penasaran kalau pakai kecap inggris gimana rasanya ya? Ada yang pernah bikin? Mau donk dibocorin pengalamannya ;).



Salam semampunya,
IG @diladol



CONVERSATION

9 komentar:

  1. Masak apa perang sih ada bom molotov segala? Hihi *piss

    ReplyDelete
  2. Coba aahhh.. Tapi kapan yaa... *sok sibuk* :D

    ReplyDelete
  3. jadi pengen pulang trz dimasakin sama ibuk.

    ReplyDelete
  4. Mau cobaaaa ini :D mbak akoh save resepnyaa

    ReplyDelete
  5. jangan lupa cek blog kita ya kak http://donatfarian.blogspot.co.id/2016/12/donat-youtiao-from-china.html

    ReplyDelete
  6. Wih meskipun semampunya tetep keliatan enak kok mbak hihi. Jadi pengen coba juga

    ReplyDelete
  7. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    Oxone

    ReplyDelete
  8. Pas banget mau masak ini dan nggak punya kecap inggris. Yeaaay. Trus baca dan tyata pake minyak wijen. JEDER. nggak punya juga T.T

    ReplyDelete

Back
to top