[Resep Kokidol] Roasted Chicken Wings Paling Gampang Sedunia


Wow. Back to kitchen oikk~~ Setelah cuti
dari dapur sekian purnama, sore ini aku kembali. Yah, meskipun cumak bikin yang gampang-gampang aja.

Baca juga: Pengalaman Nyiapin Meal Prep

Minggu siang kali ini kami kembali makan di Rasa Sayange Bu Ning Ikan Bakar. Jadi, untuk malem, kayaknya harus masak karena siangnya udah jajan di luar. Biar nggak bersalah-bersalah banget sama ABRT (anggaran belanja rumah tangga hehehe). Ternyata di rumah ada stok sayap ayam. Yaudah aku yang mengajukan diri mau mengolahnya. Soalnya nggak enak juga udah kelamaan nggak berkontribusi di dapur, selalu mengandalkan Omanya Kala. Coret #mantusoleha2018 >.<.

Baca juga: Rasa Sayange, Makan Ikan Bakar Paling Segar

Jadii, aku mutusin bikin yang gampang, yaitu sayap ayam panggang! Dulu aku sering nih bikin ini, tapi biasanya yang pakai oregano atau rosemary kering dan lemon. Kali ini pake bumbunya yang ada aja yah.

Resep Roasted Chicken Wings a la Kokidol



Bahan:
6 potong sayap ayam, bagi jadi 3 bagian.

Bumbu:
2 sdm kecap inggris
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap manis
1/2 sdm lada bubuk
1/2 sdm garam
Jahe potong-potong. Ini kutambahin biar nggak amis aja, biasanya aku pakai lemon peras. Pakai lemon peras bisa mengempukkan ayam juga sebenarnya.


Okeh. Udah siap? Kita mulai yak. Campurkan ayam dengan bumbunya, aduk-aduk sampai kecampur rata. Lalu diamkan minimal 1 jam. Tadi kusimpan di kulkas selama 2,5 jam, kutinggal tidur sore dulu, hehehe.





Keluarkan dari kulkas, lalu susun di loyang. Oiya, karena aku suka males nyuci loyang yang ketempelan sisa-sisa ayam, aku pakai alas alumunium foil. Alasnya aja ya, kalok dibungkus semua, hasil ayamnya jadi kurang garing garing yah.


Olesin loyang dengan minyak dikit. Adonan ayam juga tambahin 1 sdm minyak biar nggak lengket.

Setel oven dengan suhu 220 dercel, panas atas bawah selama 25 menit. Panggang ayamnya. Setelah bunyi ting, balik ayam ya, panggang lagi selama 25 menit.


Aku pakai oven Kirin idola nih, oven listrik dapat dari kado pernikahan, thankyouuu ma gengss hehehe. Oven ini 900watt kalau panasnya nyala atas bawah. Sejauh ini sih bantu banget deh, buat manggang apapun. Kue juga bisaa ;).

Nah, yang nggak ada oven, jangan sedih karena ini juga bisa dipanggang di teflon biasa atau happycall, yah. Cuman, menurutku hasilnya agak basah tuh dibanding kalok dioven.


Oiya, ini aku makan bareng kentang panggang. Bumbunya cuma garem lada aja. Biar empuk, jangan langsung dipanggang, tapi direbus dulu biar empuk.


Well, ini penampakan setelah matang. Hmm, siap coba di rumah?



Love,
@diladol





CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Back
to top