[Resep Kokidol] Cumi Telor Kecap Cabe Ijo, Biar Sahurnya Melek!


Akhir-akhir ini udah beberapa kali bagiin resep a la a la Korea, sekarang back to basic lagi yak, resep Nusantara ^,^.

Cekidot:

Hidangan ini sedep mantep, bakalan bikin kita melek saat sahur. Kalok aku tipe yang bisa dibangunin selera makannya dengan menu-menu yang begini, asin dan pedas. Cuman, ini nggak sepedas cumi mercon yang dulu pernah kuceritain sih. Jadi, masih aman buat pecinta cabe medioker ^,^.


Marilah kita mulai, yak!

Cumi Telor Kecap Cabe Ijo a la Kokidol


Bahan:
100 gram cumi telor, biasanya di supermarket udah dikemas per 100 gram. Rendam di air untuk ngurangin asinnya sebelum diolah.
Tempe potong dadu, goreng sebentar. Sebenarnya ini cuman buat tambah-tambah biar banyak aja sih, LOL, skip juga bols, tapi cuminya tambahin yak! :p
7 buah cabe ijo besar iris-iris besar
2 sdm baceman bawang
1/2 buah bawang bombay iris tipis
1 batang serai geprek
1 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 ruas jari jahe geprek
1 sdm saus tiram
1 sdt minyak wijen
1 sdm kecap manis
Gula garam secukupnya, aku untuk tumisan kayak gini paling suka pakai gula jawa. Ada juga yang #timgulajawa ? Toss duls kita!



Pertama, aku goreng dulu tempenya sampai berkulit, nggak perlu garing banget, sisihkan.

Tumis bawang bombay dan baceman bawang. Rasakan aroma yang menguar di sekitar penggorengan, usahakan tetap fokus, jangan tersirep sama aroma baceman bawang feat bombay yang, percayalah, melenakan.


Then, tambahkan cabe ijo sebagai pemeran pendukung utama (sampai dijadiin judul doski, semoga serai, jahe dll nggak dengki). Tumis sampai makin harum, baru lanjut ceburin cumi dan tempe, oseng-oseng manja.


Cuminya boleh dipotong-potong boleh nggak, aku sih nggak, biar gede puas ;). 

Lalu tambahkan semua pemeran pendamping yang meski posisinya kurang diutamakan, tapi tetap penting bagi kelangsungan cita rasa. Serai, jahe, daun jeruk, daun salam, segala jenis kecap, gula jawa, dan garam. Garamnya nggak usah banyak karena cuminya udah asin, sambil diicip aja yah, garam kan selera banget.

Tumis semuanya sampai bersatu padu. Jadikan mereka membentuk satu kesatuan utuh yang siap mengguncang lidah kita nanti.

Done!


Ternyata boleh juga cumi ditumis bareng tempe. Rasanya pedas manis a la Jawa gitu. Aku paling suka sensasi rasa telur di dalam cuminya saat bertemu dengan potongan cabe ijo yang masih segar. Pak Baba aja tumben doyan gadoin potongan cabenya. Rasanya emang sedap karena udah dipadukan dengan bumbu. Kan, yang bersatu padu itu emang lebih ngeten! *aku sambil angkat jempol maksudnya* ^,^

Siapkah lidahmu digetarkan, tcoi? Silakan dicoba, yak! 

Love,




CONVERSATION

5 komentar:

  1. kyake mudah ya mbak...pingin nyoba aku suka cumi juga

    ReplyDelete
  2. Ini salah satu masakan kesukaan saya. Tapi biasanya gak pake tempe :)

    ReplyDelete
  3. Tempenya bakal aku ganti kalo masak ini mba, ama tahu :D. Soalnya pak suami ga suka tempe samasekali.. Ngeliat tempe aja dia lgs emoh, apalagi mau makan.. :D. Aku jg paling suka menu simple gini.. Biasanya dibikin super pedes ama mba di rumah, dia tau aku doyan banget ama pedes :D

    ReplyDelete
  4. Wah iya. Saya pernah lihat cumi telur di supermarket. Pengin beli tapi batal kemarin itu. Hihihi... makasiiih resepnya ya mbak :-)

    ReplyDelete
  5. Hai mbak..aku sering bikin nih cumi asin goreng dipakein cabe ijo plus rawit biar gigit hahhaa...toss ah samaan nih fave kita.

    ReplyDelete

Back
to top