[Resep Kokidol] Dak Gang Jeong, Ayam Pedas Manis a la Korea dengan Gochujang Homemade


Pusing nggak baca judulnya? Bahasa apaan, tuuuh? *mata ditutup satu a la Jaja Miharja* LOL.

Intinya aku mau bagiin resep ayam pedas a la Korea pakai saus gochujang yang kubikin kemarin, tuh.

Cekidote: Bikin Gochujang Homemade, Yuk!

Dak gang jeong favoritku itu yang di Mushiro, sebuah warung masakan Korea di bilangan Gejayan. Rasanya tuh puedes, manis, sticky, kres-kres, dan oily. Ah pokoknya enak! Niatnya sih aku pengin nyoba bikin di rumah. Langsung kita bikin aja, yah!

Dak Gang Jeong a la Kokidol

Bahan:
2 buah dada ayam fillet potong dadu
1 bungkus tepung bumbu
1 butir telur
1 buah bawang bombay kecil iris tipis
2 sdm saus gachujang
1 sdt saus tiram
1 sdt kecap ikan
1 sdt kecap manis
1 sdm baceman bawang
Garam dan lada sesuka hati
Biji wijen sangrai sebentar

Cekidot: Baceman Bawang, Senjata Ampuh di Bulan Ramadan

Caranya gampang banget, pertama aku kerjain dulu ayam gorengnya ya. Ini sesuai mahzab masing-masing aja, sih. Aku kemarin dari mulai mentah, aku peresin jeruk nipis, lalu campur dengan telur, lagi pengin empuk. Kalok bener-bener suka yang superkrispi, langsung dicampur tepung bumbu. Kalok pengin garing banget, digoreng dua kali. Goreng pertama, diamkan sampai agak dingin, lalu goreng lagi sampai garing. Aku pakainya Sajiku Golden Crispy, menurutku rasanya mendekati ayam goreng Mekdi, jadi aku suka ^,^.


Asisten chef ;)



Sisihkan ayam, lanjut ke sausnya. Tumis baceman bawang dan bawang bombay sampai layu dan harum, tambahkan gochujang, semua kecap, lada, gula, dan garam. Sangrai biji wijen sebentar, lalu tambahkan ke adonan saus. Sisain juga untuk taburan nanti.






Kalok saus udah tercampur rata, matikan kompor, masukkan ayam goreng, campur rata dengan sausnya. Done ^,^

Setelah aku icipin, enak, Pak Baba juga suka. Rasanya manis pedas dan gurih, lucunya, karena banyak kutaburi biji wijen, jadi inget sama rasa onde-onde, LOL. Cuman, kalok aku bandingin sama dak gang jeong Mushiro, beda sih rasanya T^T. Dak Gang Jeong di sana rasanya puedes banget dan kurang kental sausnya. Kapan-kapan deh eksperimen Dak Gang Jeong versi begitu ^,^



Well, mau nyobain juga? Jangan takut berkreasi, yah. Sejatinya segala yang dibumbuin pasti jatohnya enak, LOL. Quote macam apah?! #gampangdisenengin :D

Love,
@diladol

CONVERSATION

4 komentar:

  1. Resepnya bisa ditiru. Aku suka ayam ditabur sama wijen gitu

    ReplyDelete
  2. Mbaaaaaak, aku langsung ngibrit ke dapur liat ayam goreng gini hahahah Tapi aku gak punya sausnya, kuganti sama teriyaki. Bhahahaha ... Tanggung jawab ini kokidol bikin laper.

    ReplyDelete
  3. waaaahhhh makasiiy banged mbak resepnya inih, aku suka banged makanan koreaaaa.
    salam kenal hehehe

    ReplyDelete
  4. Selaluuuuuu laaaav ama resepmu :D. Ini bener2 bikin mba ART di rumah jd punya alternatif resep kalO masak ayam :D. Biasanya dia kalo ngolah ayam di ayam kecap ato di goreng tok sih..

    ReplyDelete

Back
to top