[Resep Kokidol] Baceman Bawang, Senjata Ampuh di Bulan Ramadan


Lohay! Yey, aku beneran nggak omdo nih, bagiin resep baceman bawang idolaque, seperti janjiku di postingan sebelumnya.

Baca: Menu Masakan 29 Hari di Bulan Ramadan

Udah tahun lalu aku tahu keberadaan baceman bawang ini di dunia. Tahun lalu, kan, aku selo banget nyoba jualan aneka bumbu dasar gitu pas Ramadan. Trus, ada beberapa pembeli yang nanyain jual baceman bawang apa nggak. Jadi, dari situ aku tahunya. Ternyata baceman bawang ini tuh rahasia masak nasi goreng jadi suedeps maksi. Kita juga udah biasa lihat, kok, sebenarnya di penjual-penjual mie ayam atau bakso. Itu loh minyak-minyak butek yang di botol beling bekas sirup. Itu dia baceman bawang. :D

Selain buat campuran mie ayam dan bakso, baceman bawang juga uenak untuk nasi goreng, mie goreng, capcay, dan segala macam masakan tumis.

Intinya sih, ini cara ngawetin bawang dan menjadikannya lebih praktis kita gunain saat mau masak. Pas banget deh buat stok di bulan Ramadan ini. Niatnya, aku mau pakai untuk masak-masak tipis pas sahur ;). Tinggal nyendok di toples, deh!

Panjang lebar cerita, sampai sekarang aku belum pernah nyoba sih, hingga hari ini tiba :D*anak mager nasional*. Padahal caranya guampang banget, loh! Langsung aja bikin bareng yuk!

BACEMAN BAWANG a la KOKIDOL


Bahan:
20 siung bawang putih
10 butir kemiri
5 sdm minyak wijen
200 ml (satu gelas kecil) minyak goreng atau sesuai selera

Cara bikinnya gampil sumpah. Pertama, uleg kemiri sampai halus, sisihkan. Uleg kasar bawang putih, sisihkan. Campur kemiri, bawang, minyak goreng, dan minyak wijen, aduk rata, masukkan ke dalam toples kaca, tutup rapat, simpan selama 2 hari. Selesai!





Meski gampilita alessandra, ada beberapa catatan yang wajib diperhatiin, seperti berikut yah:

1. Gunakan toples kaca ya. Sebaiknya jangan wadah plasti, termasuk tupperware. Karena ini ceritanya fermentasi, takutnya nanti gas yang dihasilkan akan bereaksi sama bahan plastik.
2. Tutup rapat toples selama 2 hari fermentasi. Nanti akan muncul gelembung-gelembung, nggak apa-apa. Setelah itu, boleh dipakai bebas asal pakai sendok kering yah. Nggak perlu simpan di kulkas nggak apa-apa.
3. Pastikan bawang putihnya bagus ya, pilih yang segar, jangan ada yang busuknya atau kisut. Trus, setelah dikupas pastikan habis dicuci kering ring, nggak boleh ada air sedikitpun. Kalok aku sih nggak aku cuci, hehe. Menurutku, bawang tersebut telah suci alami :D.
4. Kalok males nguleg boleh diblender, tapi blender kering yah, jangan pakai air.

Udah sih gitu aja. Nanti coba aku laporin lagi yah hasilnya ;). Ini sengaja aku tulis dulu, takutnya kalok weekday suka sulit update blog, hehe.

Selama proses buatnya sih aku udah nggak kuat sama aroma sedapnya bawang dan minyak wijen. Rasanya langsung pengin aku jilatin, LOL #pecintaminyakwijengariskeras.

Yuk, bikin sekarang, nanti barengan updatenya, yah!

Love,
@diladol

CONVERSATION

10 komentar:

  1. Aku lgs mau beli bahan2 nya biar bisa lgs disiapiiinn . Wangi aroma minyak wijen itu memang ueannaak bangwt ya mba :D. Eh jd ini bisa bertahan brp lama mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa minyak wijen is da best! Aku blm nyoba sndiri berapa lama tp denger2 bisa smpe sebulan. Trgantung bikinnya seberapa jg kali yah~ :)

      Delete
  2. waah mbaak makasihh ya hahaha, itu aku suka penasaran kalo beli mie dog dog atau nasgor, pake minyak apa yang butek2, aku takut itu minya babay hihihi.. eh ternyata minyak bawang :D Okee deh, ini boleh jadi keluarga baru di dapur :-* .. oh ya kemirinya ga disangrai dulu ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw, amann minyak bawang mbaa. Eh tp ya gatau juga si mba tergantung penjualnya klbmau disisipi kandungan tertentu wkwkw. Kemiri ga kusangrai mbaa, tp kayana bole juga deh asal ga kena air aja 😊

      Delete
  3. Tahan sampe berapa lama ya ini Mbak klp dikulkasin? Duh aku anaknya Chinese Food banget, wajib nyetok ini biar gak panik :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm nyoba realnya berapa lama si mba. Tp ni aku bikin ga terlalu banyak dulu, aman2 buat 2 mingguan kali ya? Dgr2 ada yg smpe sbulan ok. Iya aku jg suka tumiss2 😊😊. Yuk bikin nnti update brengg~

      Delete
  4. pak reja bgt nih, menganut sekte bawang putih suci. buatku mah tep kudu dicuci ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw, bawang sucih, akuh penuh dosah :p

      Delete
  5. wuahhh life hack banget nihhh kudu cobaaa

    hihih makasih dah shareeee

    ReplyDelete
  6. Makasih mbak, sebenarnya udah tahu tapi belum pernah nyoba

    ReplyDelete

Back
to top