[Resep Kokidol] Gurita Tiga Rasa, Menu Favorit Baru Nih!


Seperti yang udah aku singgung di postingan sebelumnya, kali ini aku mau bagiin resep gurita yang simpel banget, tapi sedapnya bikin merem, melek, merem, melek lagi ampe capek :D

Cekidot: Nakji Bokkeum, Gurita Pedas a la Korea

Kali ini aku udah nggak ada ketakutan lagi ngolah gurita, karena udah pernah. Gurita yang aku dapat dari Ayumanis juga udah siap olah banget, udah dalam bentuk potongan tinggal keluarin dari freezer, cairkan bentar, bilas-bilas, lalu olah deh.

Menu gurita ini jadi favorit baru #TheAnsharis , deh! Agak mirip cumi-cumi, tapi beda. Menurutku gurita lebih chewy, kenyal. Dari bentuknya juga beda banget sih, lebih sangar, karena ada tekstur bulat-bulatnya, LOL.

Atas rikues Yang Mulia Pak Baba, gurita ini tadinya mau diolah asam manis. Tapi, berhubung #istrisoleha2017 ingin memberi service lebih, kubonusin deh, jadi TIGA rasanya ;))).

GURITA TIGA RASA a la KOKIDOL

Bahan:
150 gram gurita potong
2 buah tomat ukuran sedang
2 siung bawang putih cincang
1/2 butir bawang bombay iris
1 sdm saus manis pedas
1 sdm saus tiram
1 sdt minyak wijen
2 cabe keriting iris-iris
1/2 cangkir air minum
Gula garam secukupnya

Oiya, maaf ya kali ini aku nggak ada foto step by stepnya. Tapi, tenang aja, resep ini supergampang, kok, untuk dicobain.

Goreng gurita sampai warna berubah jadi merah keunguan, sekitar 2-3 menit. Karena takut meledak, sebelum nyemplung ke minyak, guritanya aku balut tepung terigu dulu tipis-tipis. Alhamdulillah aman sejahtera nggak pakai drama ledakan.

Tumis bawang putih, bawang bombay, cabe sampai harum dan agak kering, tambahkan tomat, lalu masukkan air minum. Tambahkan semua saus, gula, dan garam, aduk sampai agak mengental. Kalok menurutmu kurang kental bisa ditambah maizena, ya. Tapi, biasanya keberadaan saus pedas manis dan tomat udah cukup mengentalkan.

Terakhir, masukkan gurita goreng, aduk sebentaaar aja. Atau bisa juga guritanya ditaruh di piring, lalu sausnya tinggal disiramin ke atasnya. Selesai deh.

Silakeun dicermati hasilnya ....


Rasanya? Tiga rasa! *yeiyele* Ada asem, manis, dan pedas. Tapi, pedasnya tipis sih. Doh, pas diicipin rasanya pas banget seolah gurita emang diciptakan untuk berjodoh dengan saus yang kumasak #proudchef . Daging guritanya terasa chewy, tapi nggak alot. Terus, kesan oily-nya itu surgawi banget, men! Go judge me, thank you, i love you minyak goreng! :D . Setelah itu lidah kita akan dikejutkan sama tomat yang masih bertahan dari kehancuran adukan, ceplus, seger banget.

Dah, daripada ngebayangin doank, mending dicobain segera :)). Kalok bingung cari guritanya di mana, intip aja instagramnya Ayumanis, yah. Mereka ada di Jogja dan BSD.

---

Setelah ini, aku mau nyoba bikin guchujang ala-ala, nih. Udah googling resepnya, mau aku kombinasikeun. Semoga bisa segera tayang di sindang ya, Seus! ;)

Love,
@diladol

CONVERSATION

5 komentar:

  1. Blogmu sejak saat ini aku jadikan sebagai blog favorit of the year :D. Wajib dibookmark bangeeettt... Untung ada di bsd ini.. Jd lbh deket pengirimannya k jakarta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw makasii mbaa kutersanjung kujatuhcintak :D, iya mba cobain pesenn :)

      Delete
    2. Wkwkwkw makasii mbaa kutersanjung kujatuhcintak :D, iya mba cobain pesenn :)

      Delete
  2. Nah, lagi cari resep gurita. Soalnya kalau beli gurita, selain dibuat isian takoyaki, paling cuma dibakar dan asam manis doang *ketauan gak kreatif XD

    Makasih, Kokidol :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ni jg cmn asam manis ko mba tmbahin cabe wkwkwkwkkw. Sama2 mba suhuu~

      Delete

Back
to top