[Resep Kokidol] Kaki Naga Bertelur Lapis Tortila, Nangis Enak Bangets!


Maafkanlah judul-judulku yang selalu lebay menyesuaikan karakter penulisnya ;p. Beberapa waktu lalu, aku dapat kiriman udang kupas beku dari seorang teman yang memulai usaha kuliner frozen food. Wih, harta karun banget deh, langsung punya ide dimasak jadi kaki naga. Udah lama penasaran sama kaki naga ini. So, marilah aku ceritain lebih lengkapnya yah!

Kalok aku pikir-pikir, kaki naga ini nggak jauh beda sama resep sempol yang kubikin beberapa waktu lalu.

Baca: Sempol Ayam Udang, Rahasia Bikin Sempol Cantik

Bedanya, ada pada bentuk dan bahan pelapisnya. Kaki naga yang biasa beredar di orbit jajanan Indonesia biasanya berlapis tepung roti, digoreng renyah. Tapi, biar rada gaul, kali ini aku nggak pakai tepung roti, juga nggak digoreng. Pakai apa donksi? Cek resep berikut ini yah untuk ngobatin rasa penasaran kamu.

KAKI NAGA BERTELUR LAPIS TORTILA

Bahan inti:
200 gram udang cincang
200 gram ayam giling
5 sdm tepung sagu
2 siung bawang putih parut
1/2 butir bawang bombay cincang halus
2 sdm minyak wijen
1 sdm kecap ikan
1 sdm saus tiram
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt garam
1 sdt merica
1/2 batang wortel parut
1 butir telur

Bahan isi:
20 butir telur puyuh rebus

Bahan pelapis:
1/2 bungkus tortila (Happy Tos, aku pakai rasa naco cheese. Hancurkan dengan food proccessor. Atau bisa diuleg pakai munthu :D)
1 butir telur kocok 

Sendok es krim untuk stiknya





Semua udah siap, saatnya kita beraksi!

Siapkan food processor, masukkan seluruh bahan inti ke dalamnya. Kalok nggak ada food pros bisa pakai blender yah. Kalok nggak ada juga blender, jangan sedih, aduk biasa pakai spatula di wadah besar sampai tercampur rata.


Aku pakai food pros philip, dulu beli hasil jualan kaldu bubuk kokidol yang laris manis tapi sekarang udah tutup karena capek bikinnya, LOL! Kalok pakai food pros nggak perlu pakai air langsung bisa ngacir. Pakai blender yang kuat juga bisa sih nggak pakai air, tapi pada dasarnya biasanya blender tetep butuh air.

Baca: Tiga Langkah Membuat Kaldu Bubuk

Nanti hasilnya jadi kayak gini yah!


Setelah itu, rebus air di panci sedang sampai mendidih. Ambil 1 sendok adonan, isi dengan telur puyuh. Karena udah pengalaman dengan sempol, aku udah siapin plastik untuk bantu ngebentuk.


DAN, tetep lengket sodara-sodara! KAMS nget dah T.T. Meski begitu, aku nggak patah arang. Aku coba teknik lain, yaitu dengan bantuan lepek dan sendok es krim. Aku tusuk dulu telurnya, karena ternyata nusuk belakangan pas adonan udah keisi itu adalah kekiamatan yang berarti. Bentukan yang udah susah payah dibikin, ancur plenet agaiin >.<. Jadi, telur yang udah ditusuk aku lapisi pakai adonan dengan sendok es krim. Ibaratnya kayak ngelepo, LOL. Ni masak apa nukang sih! Hih! Kira-kira begini ilustrasi kebodohanku :)))).


Well, abis beberapa glundung jadi dan aku ceburin ke air mendidih yang tadi, lelih ugak. Jadi, kuputuskan ganti metode. Back to basic seperti yang disarankan orang-orang. Olesi tangan dengan minyak! Aku coba. Aku bentuk pakai tangan kosong namun berminyak. Dan, GAMPANG! Kalok ada gejala lengket tinggal tambahin lagi minyaknya, pokoknya kayak pakai lotion gitu, klomoh-klomoh. GOD! Kenapa nggak dari dulu?!

Rebus kaki naga setengah matang ini sampai matang dan memadat ya. Percayalah feelingmu pasti tak kan berdusta. Warnanya akan berubah lebih pucat.



Okai. Kalok udah sampai sini, kita baru saja melewati masa-masa kritis. Good job gaisque. Setelah ini stepnya lebih manusiawi ;)))).

Siapkan telur kocok di wadah, gulingkan kaki naga rebus ke dalamnya. Lalu, gulingkan dia ke remahan tortila yang udah dihancurin pakai food pros. Proses ini aku cukup sekali, tapi kalok kamu mau lebih tebel, boleh dua kali.

Lalu, siapkan loyang yang udah dioles minyak zaitun atau margarin. Tata kaki naga berlumur tortila di atasnya. Panggang dalam oven bersuhu 220 derajat celcius selama 15 menit.



Nah nah! Setelah itu, jadi deh. Perjuangan kita telah berakhir gaisque. Saatnya menikmati hasil kerja keras kita yang ... OMG! LOOK AT THESE!





Luarnya kriuk banget! Meski dipanggang tetep aja terasa chrunchy! Kalok kamu nggak ada oven, bisa dipanasin aja di teflon, atau digoreng yah. Rasa naco cheese nya jadi berkurang sih, tapi nggak mengurangi kelezatan kriuk tortilanya.

Trus, pas aku gigit dalemnya. Ini dia mau nangis moment T^T. Enakkkkk! Perpaduan gurih daging ayam dan udang menyatu sama telur puyuh. Rasa orientalnya terasa sekaliii~. Udah gitu, Kala suka nggak pakai bohong, LOL!

Selain protein tinggi. Menu ini juga bisa masuk ke kategori #sayursembunyiproject yah! Juga bisa masuk ke menu No Gorengan Challenge. Uyee~

Baca: Tentang Sayur Sembunyi Project
Baca: No Gorengan Challenge

Kalok kamu mau kaki naga ini selalu hadir di menu harianmu, bisa dijadiin frozen food. Tinggal masuk freezer, lalu panggang saat diinginkan. Tip dariku, jangan di dalam satu wadah. Misalnya kalok aku, kuplastikin dua biji per plastik untuk sekali makan Kala, biar lebih awet dan fresh nggak buka tutup plastik/wadah.

Ntaps soulss~~

Oiya, udang beku dari Ayumanis nya bisa didapatkan di sini yah.


Aku masih punya satu harta karun lagi dari Ayumanis, guritaaa~ Tungguin yah cerita masak gurita di post selanjutnya. Atau ada yang punya usul enaknya dimasak apaan? ;)

Love,
@diladol

CONVERSATION

7 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Ini mantab jiwaaaa... Aku contek yaaaa

    ReplyDelete
  3. Thank you, Kokidol!!!!! Kayaknya aku terima dah jadi aja gimana? LOL!
    Ngumpulin mood dulu nih buat masak kayak gini. Hahahahaha.

    ReplyDelete
  4. kalok pesen kamu aja bisa ga, kak? bisa dongsss

    ReplyDelete
  5. mbak menu-menunya kreatif banget sih, salam kenal ya :-D

    ReplyDelete
  6. waduhh aku follow deh blog ini hahaha secara aku juga suka masak2 mbak, meski belepotan hi hi hi .. itu lucu namanya kaki naga, kalo di kartun kan kaki naga ada cekernya eh hihih.. btw mbak itu ditambah parutan keju atau keju mozarella lebih endess kali yaa.. #usapiler :D thanks for sharing

    ReplyDelete
  7. Hufft, cemilan2 begini bener2 susah utk ga dicoba :D. Apalagi kalo udh berbau udang dan telur puyuh... Itu paling aju suka.. Walo kadar kolest nya di atas rata2 :p .. Kalo bikin ini sepertibya aku bakal di goreng mba.. Ga punya oven soalnya :D

    ReplyDelete

Back
to top