[Resep Kokidol] Nakji Bokkeum, Gurita Pedas a la Korea, Bisa Banget Dimasak di Rumah


Kali pertama masak gurita, grogi ugak tcoi!

Beberapa waktu lalu, aku ditawarin frozen gurita sama seorang teman yang jualan frozen food gitu. Oiya, selain gurita, doi juga jual udang kupas dan aneka frozen food gaul lainnya. Cek di sini, yah, yang mau intip -->> @ayumanis_food . Aku pernah juga cerita masak udang kupas di postingan Kaki Naga Bertelur Lapis Tortila.

Oke oke, back to gurita, yah! Cukup nervous jugak sih, karena belum pernah-pernahnya masak. Takutnya kan amis atau alot atau hal nggak enak lainnya. Tapi, bismillah aja jalani atas izin Allah *mau masak gurita aja kayak mo pergi umroh, bund!*

Sebagai penggemar masakan Korea, apalagi Pak Baba yang juga suka banget, akhirnya kuputusin untuk masak Nakji Bokkeum. Nakji loh, bukan Narji *krik*. Alias gurita masak pedas khas Korea.

Bumbu utama yang harus ada sebenarnya adalah gochujang, pasta cabe khas Korea. Tapi, sumpah aku udah muterin Superindo dan Dae Djanggeum yang biasa jual, lagi out of stock. Emji, udah bela-belain panasan dan macet pulak, sungguh perjuangan!

Karena udah kadung pengin, tetep aku eksekusi tanpa gochujang deh ;(. Teteup enak sih, untungnya. Tapi, di resep tetep aku tulisin yah. Kalok kamu pengin nyobain, sebaiknya tetep pakai gochujang biar khas :).

NAKJI BOKKEUM a la Kokidol


100 gram gurita beku
3 siung bawang putih cincang
1 sdm munjung gochujang
1 sdm cabe bubuk, aku pakai bon cabe
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap pedas
1 sdm saus manis pedas
1 sdt minyak ikan
1 sdm kecap asin
1 sdm minyak wijen
1sdt lada bubuk
1/2 buah timun iris panjang
2 batang daun bawang iris panjang
1/2 buah wortel iris panjang
3 buah cabe keriting uleg
1 sdm maizena
Garam gula secukupnya

Segala-segala kecap saus dikeluarin yah, gaisquee :D! Let's start!

Pertama, goreng dulu gurita selama 3 menit. Aku bedakin dulu pakai terigu takut meledak as always hehe. Jangan lama-lama yah, biar nggak alot. Cukup sampai warnanya berubah jadi merah/ungu. Oiya maaf di foto nanti aku masih pakai cara langsung dimasak guritanya. Tapi, pas aku coba lagi, enakan digoreng dulu, ya :). Sisihkan gurita goreng. Kita lanjut ke bumbu.



Tumis cabe uleg dan bawang cincang dengan sedikit minyak, masukkan timun, wortel, dan daun bawang. Tumis sampai lelah dan layu.


Tambahin 1 cangkir air panas, aduk-aduk. Baru setelah itu, masukkan segala macam perkecap-sausan, termasuk gochujang, juga garam gula. Terakhir, tambahkan 1 sdm tepung maizena. Aduk sampai mengental, yah.


Kalok udah cukup mengental, baru deh masukkan guritanya. Aduk-aduk sebentar, selesaaii~

Jangan lupa makannya pakai sumpit ya, biar berasa aura-aura Koreanya, wkwk. Pas Pak Baba ngicipin, alhamdulillah #istrisoleha2017 tidak mengecewakan Baginda :))). Meski aku bikinnya tanpa gochujang, rasanya tetep enak, pedas berbumbu. Guritanya juga nggak alot euy! Ntaps souls banget. Recomended yah jajan gurita di Ayumanis. Nggak repot pula, udah bersih dan setengah mateng :).

Tapi, aku masih penasaran nih pakai gochujang. Aku berencana bikin homemade gochujang ala-ala deh nanti. Nanti kalok berhasil aku ceritain yah!



Oiya, resep ini untuk dibakar juga enak loh. Akal-akalan Pak Baba, tuh! Kuahnya udah diabisin ama desye, eh guritanya trus ditusuk pakai tusuk sate, lalu dibakar di atas kompor. Aku sempet ngicipin, enak ugak! Pinter juga lu, Bab! Wkwk.

Setelah itu, stok guritanya masih ada loh, aku kasih bocorannya di foto ini yah sisanya kumasak apa ;). Oiya, sekalian nunjukin penampakan guritanya setelah digoreng kayak gini. Insyaallah aku ceritain di postingannya berikutnya. Ada yang bisa nebak ini dimasak apa? Mau jugak resepnyakah? *wink*


Love,
@diladol




CONVERSATION

12 komentar:

  1. Hai mbak Dila....aku belum pernah makan gurita. Btw kalau direbus cocok ga ya sama bumbunya? 😄 aku simak resepnya siapa tau kapan2 mau bikin...tq ya salam kenal juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok cocok aja mba, ini pas bikin pertama juga kurebus, mba :). cuman, bagiku lebih legit digoreng :D

      Delete
  2. Cari guritanya kayaknya yang agak susah kalau di sini. Diganti sama yang lain bisa kali, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang agak mirip mungkin bisa diganti cumi, kali ya mba? :) aku juga bisa masak gurita krn beli online di ayumanis food :)

      Delete
  3. blognya keren banget..bisa buat referensi buka puasa resepnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, thankyou mba. blog mba juga lebih kerenlah, aku suka main-main ke sana :)

      Delete
  4. Pernah beli gurita yang uda digoreng yummy enyaak. Kalo dibikin berkuah kayaknya enak juga yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, teksturnya kenyal-kenyal enak :D

      Delete
  5. Wah mba itu bahannya susah dicari ga ? Biasanya nyari kemana ? Soalnya namanya susah dibaca juga hihihi. Mba keren nih suka masak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gurita aku juga suka nggak nemu sih mba, makanya aku dapetnya online. trus kalo pasta cabenya alias gochujang biasanya dijual di supermarket besar/ supermarket korea :D. Atau bisa juga bikin homemade :D

      Delete
  6. Astaghfirullah.. Godaan puaaasaaaa :D. Sejak balik dr korea , aku jd tergila2 ama kuliner mereka. :D. Sepertinya hrs bgt follow ig ayumanis ini yaak :D. Guritanya asliiik bikin pengin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, maafkeun mbaa. wiiih, aku juga mau banget icipin aslinya di Korea sana mbaa. iya, bisa jajan asique di ayumanis food :D

      Delete

Back
to top