[Resep Kokidol] 7 Day No Gorengan Challenge, 7 Menu Yummce Tanpa Digoreng


Alhamdulillah aku telah sukses (selesai) menjalani tantangan yang kubikin sendiri, NO GORENGAN CHALLENGE DALAM 7 HARI. Bayangkan betapa horornya tantangan tersebut gaisqueee~~~ #pecintagorengangariskeras

Biar semangat, saat challenge berlangsung, aku posting menu kreasiku di IG @diladol . Semua menu tanpa digoreng yah, dan pastinya menu-menu mirce karena challenge ini berlangsung di akhir bulan, wk kebiasaan. Aku kumpulin gini buat pengingat lagi kalik kapan-kapan pengin nyoba lagi menu-menunya. Kalik-kalik masih bisa dibaca anak cucu kelak *lebay byee*.

Nah, sekarang karena banyaknya permintaan (3 orang LOL), aku ceritain resepnya yah di sini. Tapi, karena keterbatasan panjang tulisan, resepnya kupersingkat aja yah. Sekalian buat challenge kamu berkreasi dengan takaran wk. Eh tapi bener, ini resep gampang-gampang, jadi takaran bumbu nggak harus presisi. Jangan takut mencoba yah ;).

Here we go!

DAY 1

SIOMAY TERONG KUKUS


Bahan: 3 buah terong belah dua, lalu potong jadi 3 bagian, 100 gram ayam giling, jamur kuping cincang, 1 butir telur, garam, merica, kaldu bubuk, 1 sdm minyak wijen, 1 sdm kecap ikan, 2 sdm tepung sagu.

Cara: keruk isi terong jangan dalem-dalem yah, sisihkan. Campur semua bahan lainnya hingga jadi adonan. Sendokkan adonan ke atas terong. Kukus sampai matang/berubah warna.

Saus: bawang putih tumis dengan garam minyak wijen, kecap manis, saus sambal sedikit, air sedikit, maizena sedikiit.

Rasa: Uenak bund sumprit. Terongnya lembut dan terasa seger. Pas dapet isiannya juga enak banget gurih. Pas nemu jamur kupingnya enak krenyes-krenyes.

DAY 2

GYOZA AYAM


Bahan: 1 bungkus kulit pangsit kuah, 100 gram ayam giling, 1 lembar sawi putih cincang, kaldu bubuk, garam, merica, 1sdm minyak wijen, 1/2 butir bawang bombay cincang, 1 siung bawang putih cincang.

Cara: Bentuk kulit pangsit jadi bulat, aku pakai tutup gelas trus aku potong melingkar dengan pisau. Campur semua bahan kecuali kulit pangsit. Ambil 1 sdt adonan, isikan ke dalam kulit lalu tutup menjadi setengah lingkaran. Bentuk dengan cara dibikin rampel dan ditekan-tekan. Ini nggak perlu perekat lagi, asal ditekan udah langsung menyatu. Siapkan wajan antilengket, beri sedikit minyak zaitun panaskan. Susun gyoza di atas wajan, diamkan sampai salah satu sisi gyoza kecoklatan. Siram dengan air matang, setengah tergenang. Tutup wajan, tunggu hingga matang.

Rasa: Nak bet, terharu eke LOL. Paripurna dimakan pas masih hangat. Kalok udah dingin angetin lagi yah. Pokoknya dalam keadaan anget, sempurna hidup kamu nanti wk.

DAY 3

STEAK TEMPE WITH LOCAL PESTO SAUCE



Bahan: 1 papan tempe ukuran sedang, 1 butir telur, garam, merica, kaldu bubuk.

Cara: kukus tempe hingga empuk, lumatkan. Tambahkan telur dan bumbu. Bentuk menjadi patty (burger), panggang di wajan antilengket dengan sedikit minyak zaitun.

Saus pesto ala-ala: 1 ikat daun kemangi haluskan. Kacang tanah goreng 1 sdt haluskan. Bubuk oregano sedikit. Tumis dengan 1sdm olive oil. Tambahkan sedikit garam.

Rasa: Rasanya eksotis LOL. Daun kemanginya jadi sengr-sengir gurih karena dicampur dengan kacang dan digaremin. Tapi, kalok aku prefer steak tempenya dimakan sama sambel terasi aja sih, lebih telen-able wk.

DAY 4

MARTABAK KUBIS KUKUS FEAT SAMBAL PETIS


Bahan:
1 buah kubis/kol, pilih yang besar ya biar lembarannya lebar. Lepas lembar demi lembar daun kol lalu kukus sebentar sampai layu.
Ayam giling sedikit aja, daun bawang cincang, 1 butir telur, garam, merica, kaldu bubuk. Daun pandan suwir untuk pengikat.

Cara: Campur semua bahan kecuali kol, aduk rata. Ambil 1 lembar kol, isi dengan 1sdt adonan, lipat kol seperti kayak bikin lumpia. Ikat dengan daun pandan. Kukus sampai matang kira-kira 15 menit.

Sambel petis: aku pakai bumbu pecel pedas siap pakai campur dengan 1sdt petis Ny.Siok. Larutkan dengan sedikiiiit aja air.

Rasa: Wuaini uenak. Rasanya kayak martabak minus kulit gorengnya. Tapi, kubisnya tetep crunchy loh. Ntaps lah ini.

DAY 5

MANGKUK IKAN CUE PANGGANG



Bahan: 2 ekor pindang ikan cue, itu loh ikan kranjang yang dijual tukang sayur. Suwir-suwir ikan, bersihkan dari duri. 3 buah tomat, belah 2, buang isinya. Bawang merah. Bawang putih. 1 Ikat kemangi. 1 butir telor. 1 cabe rawit merah besar. Garam. Kaldu bubuk.

Cara: Campur semua bahan kecuali tomat. Masukkan adonan ke dalam mangkuk tomat. Ambil loyang, olesi dengan olive oil. Tata mangkuk tomat  di loyang. Panggang di oven selama 20 menit dengan suhu 220 derajat celcius. Oiya biar mangkuk bisa berdiri, iris sedikit bagian bawah tomat ya.

Rasa: Pada dasarnya ini kayak pepes. Cucok di lidah aku yang indonesia syekalii. Telur yang tumpah ke loyang itu uenak banget dicemilin hahaha.

DAY 6

IKAN CUE PANGGANG SAMBEL SEREH KOKIDOL


Bahan: Ikan cue sebanyak apapun bebas. Bayam rebus bebas. Cabe rawit. Bawang merah. Sereh. Garam. Kaldu bubuk. Terasi

Cara: Panggang ikan cue di atas teflon dengan olive oil. Iris cabe, bawang merah, sereh bagian putihnya tipis-tipis. Panaskan olive oil di wajan, tumis bahan-bahan sambal sampai matang dan huarummm terasi. Tata ikan cue di piring, tambahin bayam rebus, siram sambal sereh di atasnya.

Rasa: Surga dunia itu nyata. Sekian.

DAY 7

TAHU TAHU PANGGANG



Bahan: Tahu kuning lembut, belah diagonal jadi 2 bagian. Keruk tengahnya sisihkan. Daun bawang iris tipis. Garam. Merica. Kaldu bubuk. 1 butir telur. 1 sdt minyak wijen.

Cara: Campur hasil kerukan tahu dengan bahan lainnya. Masukkan ke dalam tahu yang telah dikeruk. Panggang di atas loyang yang telah diolesi minyak zaitun di oven selama 20 menit dengan suhu 220 derajat celcius. Oiya sama kayak pas tomat, bagian bawah tahu diiris dikit biar bisa berdiri ya ;).

Rasa: Paling surgawi dimakan dengan sambal botolan. 

Nah, lengkap deh ya 7 resep menu tanpa digoreng. Kalok ditanya gimana pengalaman 7 hari nggak makan gorengan, rasanya biasa aja *jumawa pengin ditimpuk*. Mungkin karena agak usaha dikit dengan menu yang menurutku enak-enak LOL #proudchef. Yah meski bocor sekali dua kali teteup ada sih. Selama seminggu itu, aku bocor makan 1 tahu krispi dan ayam krispi wkwkw.

Tapi, dengan terkumpulnya resep sederhana nan ntaps ini setidaknya menumbuhkan kepercayaan bahwa menu tanpa digoreng garing itu juga enakkk #notetomyselfbanget ;).

Gitu yah udah. Kalok masih ada yang belum jelas. Silakan dibuka termin pertama pertanyaan, sebutkan nama dan nomor absen LOL.

Love,
@diladol


CONVERSATION

12 komentar:

  1. Wew. Eksotis banget cyyyn...andaikan aku bisa kenyang dgn makanan seiprit2 itu..pasti kurus..lol..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini display doang kali mba, hehe, yg dimakan ya tetep banyak ko, krn masi ga makan nasi :p

      Delete
  2. Mak Dilaaa...terlihat enaaaaakkkk
    Langsung berliur niiihhh.
    Tfs resepnya yaaa..kudu coba.

    ReplyDelete
  3. Mak Dilaaa...terlihat enaaaaakkkk
    Langsung berliur niiihhh.
    Tfs resepnya yaaa..kudu coba.

    ReplyDelete
  4. Wahh... mak jd ngiler. Nanti aku coba ya..

    ReplyDelete
  5. bisa dicoba nih.tengkyu sharing resepnya mbk

    ReplyDelete
  6. Gileeee berat no gorengan, tapi aku juga pengin coba nih. Mertuaku sebenernya sering contohin karena mereka juga no gorengan kecuali saat makan bersama di resto. Tapi aku masih sering tergoda huhuhu.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih resepnya bisa dicoba banget buat sehari-hari :D

    By the way untuk gyoza, bakal lebih sedep kalau minyaknya pakai minyak wijen, plus pas masaknya dari awal minyak dan airnya disatuin bareng-bareng terus baru masukkin gyozanya, terus masaknya sambil ditutup, jadi tekstur gyozanya lembut tapi bawahnya garing, karena disteam dulu baru setelah airnya habis bagian bawahnya garing sama minyak (tips yang aku lihat di TV Jepang hehe).

    ReplyDelete
  8. Platingnya kece, langsung keinget warteggourment πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    Pengen juga makan menghindari gorengan :')

    ReplyDelete

Back
to top